Sukses

Sering Batuk, Sekarang Mulai Sesak

19 Apr 2021, 12:23 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok saya batuk dari tahun 2017, bermula karna dulu sering pulang malam tidak memakai jaket. hingga akhirnya saya menjadi rentan batuk apabila terkena debu, dingin dan ketika lelah beraktifitas. dulu sempat berobat rutin ketika di rontgen katanya bronkitis tapi masih ringan, beberapa kali berobat kemudian sembuh, tapi masih ada obat yg harus diminum, karna merasa sudah sembuh obatnya tidak saya minum. selang sebulan atau 2 bulan batuknya kambuh lagi dan saya rasa semakin parah krna dulu tidak merasa sesak sekarang jadi sesak dan sperti ada dahak di paru2 tapi tidak mau keluar, paru2 terasa berat.

Terima kasih telah bertanya seputar penyebab batuk menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Apakah saat ini dirasakan batuk terus menerus? Atau hanya di malam atau pagi hari? Apakah ada sesak, demam, keringat malam, batuk darah, nyeri dada? Apakah Anda merokok atau sering terpapar asap rokok/polusi? Sudahkah melakukan pemeriksaan dahak?

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga). Batuk yang anda alami termasuk di dalam batuk kronis. Penyebab batuk kronis bermacam-macam, diantaranya adalah:

  • Alergi dapat disertai keluhan bersin di pagi hari, gatal-gatal pada tubuh, sesak
  • Asma
  • Infeksi: Tuberkulosis (TBC) ataupun infkesi micoplasma, infeksi sinus
  • Bronkitis (radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru)
  • Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK)
  • GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease): penyakit reflux biasanya disertai keluhan ada rasa panas atau terbakar di daerah ulu hati, mual, muntah ataupun kembung
  • Penggunaan obat tertentu, seperti ACE inhibitor
  • Post Nasal Drip: ada cairan di belakang hidung.

Pernakah Anda menjalani pemeriksaan rontgen dada ulang maupun tes spirometri? Mengingat sering sesak dan merasakan ada dahak yang sulit keluar, akan lebih baik jika diperiksa secara langsung untuk ketepatan diagnosa. (pemberian terapi hanya dapat dilakukan setelah dilakukan pemeriksaan fisik langsung disertai dengan beberapa pemeriksaan penunjang). Kami sarankan Anda mengunjungi Dokter Spesialis Penyakit Dalam atau Spesialis Paru terdekat untuk pemeriksaan dan terapi lebih lanjut.

Untuk saat ini yang bisa dilakukan adalah memastikan tubuh dalam keadaan hangat dengan memakai pakaian berlapis atau mengkonsumsi minuman hangat, memposisikan diri duduk tegak ketika sesak.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar