Sukses

Kulit Alergi Terhadap Matahari?

19 Apr 2021, 12:06 WIB
Wanita, 19 tahun.

dok,saya mengalami kulit sensitive terhadap matahari,tetapi hanya dibagian leher sampai pinggul dok. kaki kebawah tidak, apabila saya kepanasan keringetan dan terkena matahari pasti akan muncul merah2 dan bintik merah seperti itu dok. bagaimana ya untuk penanganan nya dok terimakasih. kalau untuk muka tidak terlalu dok. kalau muka merahnya wajar dok, tp untuk badan merah nya seperti gitu dok ruam2 dan bintik2 coklat merah

Terimakasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda

Apakah disertai dengan rasa gatal? Apakah ruam -ruam dan bintik cokelat yang muncul akan hilang ketika tidak terpapar matahari?

Alergi sinar matahari merupakan kasus yang jarang terjadi. Gejala timbul karena sistem kekebalan tubuh menganggap sinar matahari sebagai sesuatu yang berpotensi membahayakan tubuh, sehingga sistem imunitas mengeluarkan reaksi peradangan untuk “mengenyahkan” sesuatu yang dianggap musuh tersebut.

Sebagian orang memang mengalami alergi sinar matahari karena faktor keturunan. Namun, sebagian lain karena pengaruh dari pengobatan dan paparan terhadap zat kimia atau tumbuhan tertentu.

Untuk kasus yang ringan, pengobatan alergi sinar matahari cukup dengan menghindari matahari selama beberapa hari sampai gejala alergi tersebut menghilang dengan sendirinya. Sebaiknya Anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter spesialis kulit untuk memastikan kondisi Anda sehingga dapat diterapi dengan tepat. Mungkin dokter akan memberikan krim atau pil kortikosteroid untuk meredakan gejala kemerahan, nyeri, dan gatal. Atau, Anda dapat mengoleskan krim aloe vera (lidah buaya) atau bedak kocok yang mengandung kalamin untuk meredakan gejala sebelum pergi ke dokter. Namun perlu diingat, hentikanlah semua pengobatan yang diduga dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap paparan matahari.

Pastikan Anda menggunakan tabir surya pada wajah dan tubuh, gunakan pakaian yang menyerap keringat dan menutupi area tubuh (lengan panjang), gunakan pula pelindung seperti topi yang lebar untuk mengurangi paparan sinar matahari. jika memungkinkan batasi aktivitas dibawah sinar matahari secara langsung.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan,

salam,

0 Komentar

Belum ada komentar