Sukses

Infeksi pada Luka Terusuk Duri

16 Apr 2021, 21:28 WIB
Wanita, 45 tahun.

Dok, jari tengah saya tertusuk duri ikan. Luka kira2 1mm, awalnya hanya perih. Setelah 2 hari sudah tidak terasa sakit, tapi kulit sekitar luka terasa mengeras dan didalamnya ada nanah, namub tidak sakit. Bagaimana cara mengeluarkan nanah dan adakah obat yang bisa mengurangi rasa sakit sekitar luka?

Terima kasih telah bertanya tentang luka setelah tertusuk duri menggunakan Fitur Tanya Dokter.

Luka akibat tertusuk duri dan tidak langsung dibersihkan memang akan rentan terkena infeksi. Bengkak yang Anda alami kemungkinan penyebabnya adalah infeksi. Jika sudah infeksi penanganan utamanya adalah antibiotik dan menjaga kebersihan luka. Jika ada nanah di dalam, bisa dipertimbangkan tindakan pembersihan dengan cara pembedahan ( dengan alat-salat steril).

Kami sarankan Anda ke dokter spesialis bedah atau dokter umum terdekat untuk mendapatkan penanganan yg sesuai. Selain dengan pembersihan luka, dokter juga akan memberikan antibiotik maupun antinyeri. Umumnya infeksi akan membaik setelah 5-7 hari pengobatan. Jika pengobatan sudah lebih dari 7 hari keluhan tidak berkurang segera bawa kembali ke Dokter Anda.

Demikian penjelasan tentang luka setelah tertusuk duri yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar