Sukses

Haid Tidak Teratur

16 Apr 2021, 19:52 WIB
Wanita, 32 tahun.

selamat pagi dokter, saya ingin bertanya. bulan maret 2021 tgl 26 saya masih haid pagi samapi sore hari, lalu di sore hari saya suntik kb 1 bulan. keesokan hari nya darah haid saya berhenti. tetapi di tgl 5 april 2021 saya ada flex dan di tgl 78 april saya haid kembali sampai dengan tgl sekarang 14 april, tetapi haid nya tidak deras dokter. apakah ini pengaruh dari suntuk kb atau bagaimana dokter, dan saya pun tidak merasakan hal apapun sakit pada bagian perut. mohon penjelasannya. terimakasih dokter. selamat pagi

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Bu, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Haid tidak teratur memang dapat menjadi hal yang mengkhawatirkan. Siklus haid tiap wanita berbeda-beda. Normalnya, wanita akan mengalami haid dengan siklus 28-36 hari. Namun ada kalanya haid akan datang lebih cepat atau bahkan telat. Berikut penyebab haid tidak teratur:

1. Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama

2. Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)

3. Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30

4. Malnutrisi (kurang gizi)

5. Stres psikologis

6. Atlet

7. Kekurangan vitamin K

8. Penggunaan obat-obatan tertentu

9. Kelainan pembekuan darah

10. Gangguan hormon tiroid

11. Sindrom tertentu (misalnya PCOS)

Ada banyak penyebab haid tidak teratur dari yang hal kecil sampai hal serius. Jika dilihat dari cerita Anda, kemungkinan penyebab haid yang tidak teratur itu adalah akibat penggunaan obat KB suntik. Karena, salah satu efek kb memang dapat membuat haid berantakan. Kami sarankan Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kebidanan agar mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar