Sukses

Benjolan di Bekas Luka Operasi

16 Apr 2021, 19:32 WIB
Wanita, 20 tahun.

Pagi dok, saya mau tanya 3 bulan yang lalu mamah saya operasi usus buntu, di bagian lukanya lama keringnya karena masih mengeluarkan nanah. lama sekitar 1 bulan sampai di tampon akhirnya mengering, setelah mengering lukanya selang 1 bulan muncul benjolan besar di sebelah kanan jahitan, saat sedang duduk benjolannya mengeras tapi saat tidur rada mengempis dok, kira kira kenapa ya dok diaknosanya?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Sulit bagi kami untuk mengetahui penyebab benjolan tersebut tanpa melihat dan memeriksa langsung. Bisa saja benjolan tersebut merupakan keloid atau jaringan parut bekas luka yang biasa (hypertrophic scar).

Keloid merupakan salah satu jenis dari jaringan parut yang merupakan hasil dari pertumbuhan yang berlebihan dari bekas kulit yang terluka, yang melebihi batas luka itu sendiri. Sedangkan hypertrophic scar merupakan pertumbuhan keatas (menonjol) jaringan parut bekas luka yang tidak melebar melewati batas luka.

Bentuk keloid kenyal, mengkilat, dan dapat bervariasi dalam warna seperti merah jambu, merah daging, dan coklat gelap. Keloid tidak ganas, tidak menular, dan biasanya terdapat gejala gatal, nyeri tajam, dan perubahan bentuk.

Untuk memastikannya, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik. Anda dapat mengunjungi dokter umum untuk membuat diagnosis benjolan tersebut.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar