Sukses

Sering Merasa Cemas

16 Apr 2021, 19:05 WIB
Wanita, 15 tahun.

Selamat pagi dok, perkenalkan aku Nanda. Aku udah lama ngerasa kalo aku punya gangguan cemas contohnya aku itu sering cemas berlebihan karena hal-hal kecil, aku juga suka nangis tanpa alasan. Nah seminggu yang lalu aku baru punya anjing dan anjingnya ini berisik, aku ngerasa kalo anjing tuh bikin gangguan cemas aku makin parah. Sejak seminggu yang lalu setiap hari aku nangis dan suka panik sendiri tiba-tiba, kalau aku panik pasti aku kayak garuk² atau kopek² tangan aku dan juga biasanya tangan aku gemeteran, aku bahkan lagi diem aja suka tiba² nangis dok. Aku juga kadang gak bisa ngatur nafas aku, aku jadi gak tenang karena ada anjing. Saat aku ngomong biasa sama orang tua juga suka tiba² nangis, bahkan saat aku nulis ini aku juga tiba² nangis. Aku kenapa ya dok apa benar aku punya gangguan cemas atau yang lain? apa ada solusinya? seperti berhenti pelihara anjing atau bagaimana?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Cemas/kecemasan adalah perasaan gelisah, khawatir atau takut. Kecemasan dalam kadar tertentu (sedikit) dapat membantu, misalnya ketika Anda cemas sebelum ujian, hal itu akan membuat Anda lebih waspada/siaga sehingga performa akan lebih baik. Tetapi kecemasan yang terlalu banyak akan membuat Anda lelah dan sulit berkonsentrasi.

Anda dapat mencoba beberapa tips berikut untuk mengurangi kecemasan yang dialami:

-Cobalah untuk menarik napas dalam dan perlahan-lahan saat serangan

-Ingatkan diri Anda bahwa Anda tidak sedang dalam keadaan bahaya

-Cobalah untuk membiasakan diri menghadapi hal-hal yang menjadi sumber ketakutan Anda, hingga Anda dapat mengontrol perasaan takut tersebut

-Carilah hobi yang mampu membuat Anda melupakan kecemasan

Bila kondisi ini sangat mengganggu kualitas hidup Anda, kami sarankan Anda mengunjungi psikiater atau psikolog untuk konsultasi lebih lanjut. Dokter akan membantu Anda dengan mendengarkan keluhan Anda dan membantu Anda mencari penyelesaian untuk masalah Anda.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar