Sukses

Benjolan yang Membesar di Kepala

16 Apr 2021, 19:01 WIB
Wanita, 48 tahun.

Selamat pagi dok, saya mau konsultasi terkait benjolan yg terjadi terhadap Ibu saya. Sebelumnya Ibu saya terdiagnosa tumor ganas +- 1 bulan yg lalu di payudara kanan dan memang terjadwal untuk mendapatkan tindakan operasi mastektomi pada 23 April 2021 ini. Benjolan dibelakang kepala tersebut muncul +- 2 minggu. Benjolan tersebut keras, tidak sakit, tidak nyeri, dan semakin membesar. Jumat pekan lalu sudah saya periksakan ke dokter spesialis bedah umum, akhirnya dilakukan rontgen thorax dan kepala. Setelah itu dokter memberitahu bahwa hasil rontgen tersebut normal karena tidak ditemukan pengeroposan tulang diarea benjolan tersebut dan dokter juga menyampaikan bahwa benjolan tersebut muncul diluar tulang serta tidak ditemukan terjadinya penyebaran sel tumor ganas dari payudara ke kepala dan organ lainnya. Pada akhirnya dokter bedah menyarankan Ibu saya untuk memeriksakan diri ke dokter bedah syaraf untuk memastikan lebih lanjut, dan dokter spesialis bedah syaraf juga menyampaikan hal yang sama dimana intinya benjolan di belakang kepala Ibu saya tidak ditemukan kelainan yang serius sehingga Ibu saya tidak memerlukan rawat jalan ataupun tindakan medis lainnya. Akan tetapi Ibu saya merasa khawatir karena benjolannya semakin membesar. Kira-kira menurut dokter diagnosa apa yg tepat untuk benjola dibelakang kepala ibu saya tersebut dok? dan apakah itu berbahaya?. Terima kasih.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Bu, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Benjolan yang teraba keras, tidak nyeri, dan semakin membesar sebaiknya memang diperiksa lebih lanjut. Untuk kasus ibu Anda, saya sarankan agar benjolan tersebut diperiksa oleh dokter bedah Onkologi. Mungkin akan dilakukan pemeriksaan lain, seperti biopsi untuk lebih mengetahui lagi apakah benjolan tersebut berbahaya atau tidak.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar