Sukses

Kebiasaan Mengelupas Kulit

16 Apr 2021, 18:20 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok, saya punya kebiasaan ngelupasin kulit telapak kaki dan kuku / kulit sekitar jari kaki. jadi ada 2 kuku jari saya tumbuhnya jelek. kebiasaan ini sejak SMA kelas 1, hampir 10 tahun. disaat mulai berdarah rasanya sakit tapi seperti menemukan kenikmatan. tapi saya sadar sekai kalo hal itu gak baik, dan selalu mencoba untuk berhenti. tapi ketika gelisah, melamun, gak ngapa2in, lagi mikir sesuatu, atau sekedar ngobrol sama temen, tanpa sadar ngelupasin kulit telapak kaki. kadang kambuh kadang enggak ngelakuin sama sekali, kayak gitu terus. apa itu bisa dikatakan dermatilomania?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Kebiasaan mengelupas kulit seperti yang Anda lakukan memang sudah bisa disebut sebagai dermatilomania. Dermatilomania adalah kondisi di mana seseorang melakukan kegiatan berulang mengelupasi kulitnya. 

Kondisi ini yang dibiarkan terus menerus dapat merusak kulit dan juga kuku Anda. Anda berisiko menderita paronikia atau cantengan. Ini merupakan infeksi bakteri pada daerah kuku dan sekitarnya yang menyebabkan bengkak, nyeri, nanah, kerusakan kuku, dan peradangan. Masalah ini dapat sangat mengganggu karena mempengaruhi kenyamanan beraktivitas. Cantengan ini dapat terjadi pada kuku kaki maupun tangan.

Untuk mengatasi keadaan ini, yang dapat dilakukan adalah dengan behaviour therapy, yaitu mempelajari bagaimana hubungan antara pikiran dan kebiasaan mengelupasi kulit. Lewat terapi ini, kebiasaan penderita mengelupasi kulit dapat berkurang. Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter, agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar