Sukses

Sering Memendam Perasaan

16 Apr 2021, 06:12 WIB
Wanita, 23 tahun.

Halo dok.. Saya mau tanya dong. Bagaimana jika saya sering kesal sama pasangan saya karena ada bbrp hal yg tidak sy sukai dr dia, tp saya belum berani membicarakan ttg hal itu ke pasangan karena takut dikira saya ribet, lebay, suka ngatur dll. Alhasil, saya jadi banyak memendam hal yg tdk sy sukai dr dia. Harus Bagaimana yah dok? Apakah sy normal?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter,

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Sering memendam perasaan bisa berakibat buruk bagi diri Anda. Jika terjadi berlarut-larut, bukan tidak mungkin terjadi depresi.

Depresi ditandai dengan kondisi murung, kinerja menurun, sulit berkonsentrasi, sulit tidur dan makan, dan bahkan muncul keinginan untuk menyakiti diri hingga bunuh diri. Itu artinya depresi sudah mulai menyerang.

Jika Anda ingin terhindar dari hal mengerikan tersebut, ini yang perlu dilakukan:

Sempatkan diri untuk melakukan hobi Anda.

Jadwalkan hari libur rutin dan manfaatkan waktu cuti untuk melakukan hal yang menyenangkan.

Mencari akar masalah yang Anda hadapi. Kemudian, segera cari jalan keluarnya

Prioritaskan waktu Anda bersama keluarga atau orang yang Anda sayangi.

Coba bicara dari hati ke hati dengan pasangan Anda. Utarakan perasaan yang Anda alami, hindari memendam perasaan terlalu lama. Komunikasi sangat diperlukan untuk mengatasi masalah yang terjadi diantara Anda dan pasangan. Tidak perlu takut untuk dinilai berlebihan bila memang mengkomunikasikan masalah itu penting bagi Anda.

Merenung, berdoa, atau beribadah pada Sang Pencipta merupakan cara terbaik untuk melepaskan diri dari stres berkepanjangan.

Jika cara di atas belum mampu mengatasi stres atau depresi yang Anda alami, jangan ragu untuk segera berkunjung ke psikiater atau psikolog.

Baca juga:

Penyakit Depresi

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar