Sukses

Demam pada Anak

16 Apr 2021, 06:10 WIB
Wanita, 40 tahun.

selamat malam dokter,, saya mau tanya anak saya sakit demam di sertai perut dan leher panas, bibir merah. setelah sy beri obat parasetamol sakit reda ttapi berapa jam kemudian panas lagi. saya takut dengan perut anak yg panas. saya mau tanya dok. bagaimana agar anak sembuh dan tidak kumat lg terus menerus minum parasetamol. trima kasih dokter

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Demam pada Anak melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Demam merupakan mekanisme normal oleh tubuh saat tubuh ingin melawan benda asing seperti bakteri, virus dan lainnya. Kemungkinan besar bila demam anak tidak turun-turun setelah lebih dari 3 hari maka terdapat infeksi yang perlu diatasi.

Kami sarankan Anda membawa anak Anda ke dokter jika dalam waktu 2-3 hari, demam (terutama demam tinggi) tidak juga dapat teratasi dengan pemberian obat penurun panas biasa. Diperlukan wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk mengetahui penyebab demam anak Anda. Untuk sementara berikan air putih yang banyak kepada anak Anda, berikan makanan bergizi, kompres dengan air hangat, serta perbanyak istirahat.

Berikan juga obat penurun panas seperti paracetamol saat suhu anak Anda naik, pemberian paracetamol bisa 3-4x dalam sehari. Oleh karena demam yang tinggi pada anak terkadang bisa menyebabkan kejang demam maka saat suhu anak sudah diatass 39 derjat celcius harus lebih waspada. Pada suhuh anak yang tinggi sekali terkadang juga bisa diberikan obat penurun panas atau obat anti-kejang melalui bokong.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Demam pada Anak. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar