Sukses

Bengkak di Kelopak Mata

16 Apr 2021, 06:10 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok, saya mau bertanya Masalah bola mata saya, pada mata kanan ujung dari bola mata yang dekat dengan pangkal hidung rasanya sakit, merah dibagian tersebut, lalu kalau dirasakan seperti rada bengkak dibagian tersebut. Bagaimana caranya saya mengatasi masalah tersebut dok?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya mengenai lenting pada kelopak mata melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Benjolan pada kelopak mata yang Anda alami kemungkinan besar adalah bintitan atau dikenal sebagai hordeolum di dunia medis. 

Hordeolum terjadi akibat adanya infeksi bakteri yang menyerang kelenjar minyak di kelopak mata. Biasanya hordeolum ini berisi nanah. Bila bertambah besar, akan menyebabkan menjadi sulit untuk melihat jelas, karena tidak dapat membuka mata secara optimal.

Hordeolum biasanya akan sembuh sendiri secara spontan. Untuk membantu mempercepat proses penyembuhan, Anda dapat melakukan kompres hangat pada mata sebanyak 3-4x/hari, selama kurang lebih 10-15 menit. Lakukanlah kompres secara teratur. Jika tidak terlihat adanya perbaikan dalam 48 jam setelah dikompres, kunjungilah dokter mata untuk diberikan terapi tambahan atau untuk dilakukan insisi (pengeluaran nanah yang terdapat di dalam kelenjar). Untuk insisi biasanya dilakukan pembiusan lokal.

Untuk mencegah kekambuhan maka menjaga kebersihan mata akan sangat membantu.

Berikut kami sertakan beberapa bacaan yang dapat menambah wawasan Anda :

Bintitan

 

Sebenarnya, bila pembengkakan terjadi ujung kelopak dekat pangkal hidung, juga mengarah pada diagnosis dakriosistitis atau radang kelenjar air mata. Namun, ini lebih sering terjadi pada anak-anak. Untuk memastikannya, memang cara terbaik adalah pemeriksaan langsung oleh dokter.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan seputar lenting di kelopak mata. Semoga bermanfaat. Apabila Anda ingin mengetahui atau berkonsultasi lebih lanjut seputar masalah tersebut, Anda dapat bekonsultasi melalui fitur live chat di aplikasi Klikdokter. Terima kasih. Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar