Sukses

Kaki Sulit Berjalan Pasca Kecelakaan

16 Apr 2021, 05:53 WIB
Wanita, 24 tahun.

Saya kecelakaan sepeda motor tanggal 13 Februari lalu yang menyebabkan lutut saya cidera. Hasil rontgen menunjukan tidak ada tanda patah atau retak tulang di lutut. Sudah 1.5 bulan sejak kecelakaan, kondisi kaki saya sudah jauh lebih baik. Awalnya bengkak dan lebam, tidak bisa ditekuk bahkan berdiri. Sekarang bengkak hanya tersisa sedikit dibagian kepala lutut, dan lebam sudah hilang, kaki saya bisa saya pindahkan dan gerakan dengan sendirinya walau masih terasa sedikit sakit dan berat, tidak sulit lagi untuk berdiri dan dijejakan. Tapi saya belum bisa berjalan tanpa tongkat karena saya merasa lutut tidak mampu menopang beban tubuh. Terasa sakit saat saya berusaha berjalan seperti biasa. Menurut dokter, apa yang salah dengan lutut saya? Apakah ini hanya masalah waktu sampai saya bisa berjalan normal atau butuh penanganan khusus? Mohon penjelasan yang membantu. Terimakasih.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Halo Bapak,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Bapak rasakan.

Salah satu kondisi yang bisa menyebabkan keluhan sulit berjalan pada kaki yang mengalami luka ketika kecelakaan adalah atrofi otot. Yaitu otot mengecil karena jarang digunakan selama beberapa waktu lama. Otomatis, kekuatan otot juga berkurang dan terasa lebih lemas. Bila memang ini yang terjadi, maka perlu fisioterapi.

Tetap ada kemungkinan keluhan terjadi karena kondisi lain. Namun, untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan langsung. Anda bisa mengunjungi dokter rehabilitasi medis atau dokter tulang untuk mengatasi keluhan Anda. 

Baca juga:

Mengatasi Nyeri Otot dan Nyeri Sendi

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Bapak dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun.

Semoga Bapak sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar