Sukses

Konsumsi Vitamin C setelahnya Vaksin Covid-19

15 Apr 2021, 22:58 WIB
Wanita, 22 tahun.

Apakah boleh mengkonsumsi suplemen vitamin C setelah vaksin Covid-19

Terima kasih telah bertanya seputar konsumsi vitamin C setelah vaksin covid-19 melalui fitur Tanya Dokter.

Vitamin C dianggap bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi vitamin C, maka dapat meningkatkan kerja sel darah putih, mengurangi kerusakan jaringan dan sel, serta mengurangi perkembangbiakan virus.

Kekurangan vitamin C dianggap membuat seseorang lebih rentan terkena penyakit. Sementara, seseorang yang sedang terkena penyakit akan memiliki kebutuhan vitamin C yang meningkat, karena adanya proses peradangan dan metabolisme yang meningkat.

Di Indonesia, beberapa pedoman penanganan COVID-19 turut merekomendasikan pemberian vitamin C:

  • Untuk pasien terkonfirmasi namun tidak bergejala, disarankan konsumsi tablet vitamin C non-acidic 3-4x500 mg per hari selama 14 hari atau tablet isap vitamin C 2x500 mg per hari selama 30 hari atau multivitamin yang mengandung vitamin C 1-2 kali per hari selama 30 hari (Protokol Tatalaksana COVID-19, Edisi 1).
  • ODP dan tenaga kesehatan disarankan konsumsi vitamin C 500-1000 mg per hari. PDP dengan gejala ringan disarankan konsumsi vitamin C 1000 mg per hari, sementara mereka dengan gejala berat dan kritis disarankan diberikan vitamin C dosis tinggi, umumnya melalui infus (Panduan Praktis Penatalaksanaan Nutrisi COVID-19).

Jadi, untuk pertanyaan Anda, justru setelah vaksin covid-19 tetap disarankan untuk mengonsumsi suplemen pendamping makanan yang sifatnya mendukung sistem kekebalan tubuh, seperti salah satunya vitamin C.

Berikut kami sertakan artiikel lain sebagai bahan bacaan Anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar