Sukses

Hasil pemeriksaan asam urat tinggi

15 Apr 2021, 14:18 WIB
Pria, 39 tahun.

Hallo dok perkenalkan saya pria dengan usia 39 th saya cek chol : 189 mg/dl, Glu : 111 mg/dl, UA : 9.5 mg/dl apakah saya termasuk normal atau tidak yah dok mohon bantuan infonya dok terima kasih

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Bapak

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Dari data yang Anda sampaikan, kadar asam urat Anda melebihi batas normal.

Gout atau orang awam bilang “asam urat” adalah suatu kondisi dimana tubuh tidak dapat mengontrol  asam urat, sehingga kristal asam urat yang berlebihan akan menumpuk di jaringan tubuh. Gout ditandai dengan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh dan menyebabkan inflamasi (radang) pada persendian (artritis). Nilai normal asam urat antara pria dan wanita berbeda. Nilai asam urat normal untuk pria 3,4 – 7 mg/dl, sedangkan untuk wanita 2,4 – 5,7 mg/dl.  Gout kronik (jangka panjang) dapat menyebabkan penumpukan asam urat didalam dan sekitar persendian, menurunkan fungsi ginjal dan membentuk batu ginjal.

Gejala awal dari artritis gout adalah panas, kemerahan dan pembengkakan pada  sendi yang tipikal dan tiba-tiba. Persendian yang sering terkena adalah persendian kecil pada basis dari ibu jari kaki. Beberapa sendi lain yang dapat terkena ialah pergelangan kaki, lutut, pergelangan tangan, jari tangan, dan siku. Pada serangan akut penderita gout dapat menimbulkan gejala demam dan nyeri hebat yang biasanya bertahan berjam-jam sampai seharian, dengan atau tanpa pengobatan. Seiring berjalannya waktu serangan artritis gout akan timbul lebih sering dan lebih lama.

Pasien dengan gout meningkatkan kemungkinan terbentuknya batu ginjal. Kristal-kristal asam urat dapat membentuk tophi (benjolan keras tidak nyeri disekitar sendi) di luar persendian. Tophi sering ditemukan di sekitar jari tangan, di ujung siku dan sekitar ibu jari kaki, selain itu dapat ditemukan juga  pada daun telinga, tendon achiles (daerah belakang pergelangan kaki) dan pita suara (sangat jarang terjadi).

Gout tidak dapat disembuhkan, namun dapat diobati dan dikendalikan.

Baca juga

Asam Urat Tinggi, Apa Penyebabnya?

6 Penyebab Asam Urat Selain Jeroan

Asam Urat, Apa Bahayanya Bila Tak Diobati?

Cara Alami untuk Mengatasi Asam Urat

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Bapak dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar