Sukses

Gatal di perut saat hamil tua

14 Apr 2021, 18:35 WIB
Wanita, 26 tahun.

Izin bertanya dok, dok saya lagi hamil 38minggu3hari keluhan saya gatal gatal muncul seperti eksim di area perut, apakah bisa hilang dengan sendiri nya ? Dan bagaimana cara penyembuhan nya ? Jika di beri bedak bayi tabur apa boleh dok ? Terima kasih ūüôŹ

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Gatal-gatal pada kulit saat hamil merupakan hal yang umum terjadi, hal ini dapat disebabkan oleh meningkatnya suplai darah (sirkulasi) ke kulit, perubahan hormonal, ataupun peregangan kulit. Yang perlu diperhatikan adalah apabila gatal-gatal disertai munculnya bentol-bentol pada kulit. Jika disertai bentol, terdapat beberapa kemungkinan diagnosis yang perlu ditelusuri lebih lanjut oleh dokter, karena bisa merupakan keadaan yang abnormal. Umumnya keadaan ini muncul mendekati trimester/triwulan akhir.

Gejala yang dialami Anda bisa saja merupakan gejala suatu kondisi yang disebut dengan Pruritic Urticarial Papules and Plaques of Pregnancy (PUPPP).

PUPPP adalah suatu kelainan kulit yang biasanya muncul pada bulan-bulan terakhir kehamilan dan tidak membahayakan janin. Keluhan ini termasuk keluhan kulit kedua terbanyak yang dialami oleh Ibu hamil selama kehamilan. Ibu hamil akan mengeluhkan munculnya bentol-bentol merah yag sangat gatal dimulai dari daerah perut, kemudian menyebar ke daerah bokong, paha dan bahkan dapat menyebar ke seluruh tubuh. Biasanya, keluhan akan menghilang 4-6 minggu setelah persalinan dan sebagian besar tidak kambuh dengan penggunaan kontrasepsi ataupun kehamilan berikutnya.

PUPPP menjadi sangat mengganggu karena rasa gatal yang dirasakan Ibu hamil. Pada trimester ketiga masa kehamilan, Ibu akan mengalami banyak perubahan kondisi tubuh. Gatal-gatal karena PUPPP dapat menambah rasa frustasi bagi Ibu, meningkatkan rasa kuatir dan mengganggu jam tidur. Untuk itu, PUPPP perlu segera ditangani dengan tepat dan cepat.

Penanganan PUPPP

Untuk mengatasi rasa gatal karena PUPPP, Ibu dapat menerapkan cara-cara sebagai berikut.

Membilas daerah yang gatal dengan air hangat (suam-suam kuku)

Kompres daerah yang gatal dengan handuk dingin/sejuk atau dengan kain basah

Gunakan pakaian yang longgar dan ringan

Pelembab juga dapat digunakan untuk meredakan rasa gatal, namun penggunaannya perlu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar dapat dipilih pelembab yang sesuai dengan kondisi kulit yang bermasalah

Jika rasa gatal sangat mengganggu sebaiknya Anda segera menghubungi dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan menentukan penyebab keluhan Anda apakah benar karena PUPPP atau karena kondisi lain seperti ifeksi jamur.  

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar