Sukses

Sering sedih berlebihan, depresi?

13 Apr 2021, 14:04 WIB
Wanita, 19 tahun.

Sore dok, saya perempuan umur 19 tahun, sekarang sedang menjalani kuliah di satu universitas. Saya ingin menyampaikan keluhan dan bertanya mengenai kondisi saya. Saya sejak sma sering kali merasakan rasa sedih yang berlebihan terhadap hal-hal yang biasanya orang lain biasa saja menanggapinya, saya mulai merasakan ini sejak sma tetapi mulai semakin parah semenjak masuk kuliah, saya juga sering kali mudah tersinggung, kesal, dan marah tanpa alasan yang jelas. Saya sering kali merasa tidak di perhatikan oleh orang-orang terdekat saya, saya juga sering merasa bersalah akan sesuatu (baik itu orang lain yang salah atau saya) dan dari situ saya selalu menyalahkan diri saya, setiap kali saya melakukan kesalahan kecil, saya langsung menangis dan memukul diri sendiri, kira-kira saya kenapa ya dok? terima kasih

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Dari keterangan yang Anda berikan, kemungkinan Anda mengalami depresi.

Depresi merupakan suatu kelainan suasana hati, yang menyebabkan perasaan sedih dan kehilangan minat secara terus-menerus. Kondisi ini dapat memengaruhi cara berpikir dan berperilaku, serta dapat memicu berbagai masalah fisik maupun psikis.

Depresi memiliki gejala seperti berikut:

·         Gangguan tidur

Selain kurangnya motivasi dan semangat hidup, orang yang depresi juga cenderung mengalami gangguan tidur. Kondisi ini bisa berupa susah tidur di malam hari, sering terbangun dan susah tidur lagi, ataupun sering mengalami mimpi buruk. Gangguan ini juga bisa terjadi sebaliknya, yakni penderita depresi dapat tidur sepanjang hari.

·         Kehilangan minat

Orang yang depresi dapat kehilangan minat melakukan aktivitas atau hobi yang sebelumnya sering dilakukan. Misalnya, jika kakek atau nenek Anda sebelumnya senang berkumpul dengan cucu atau sanak keluarga, kemudian tiba-tiba tidak mau bertemu atau malas pergi ke acara keluarga, hati-hati bisa jadi itu merupakan tanda atau gejala depresi.

·         Perubahan nafsu makan

Ada beberapa orang yang cenderung makan berlebih saat sedang depresi. Namun pada orang yang mengalami depresi berat, ia bisa jadi kehilangan nafsu makan dan tidak ingin makan sama sekali.

Jurnal terkini dari Obesity menyebutkan bahwa level stres yang tinggi dapat menurunkan nafsu makan dan berat badan. Namun tentu ini bukan cara yang baik untuk mendapatkan berat badan ideal.

·         Menampilkan sisi gelap

Orang yang depresi cenderung berpikir tentang bunuh diri, kematian, dan terus-menerus membicarakan hal tersebut. Selain itu, orang depresi juga cenderung mengambil tindakan-tindakan yang berbahaya.

·         Emosi yang tidak terkontrol

Dalam 1 menit Anda dapat marah-marah tanpa sebab. Lalu selang beberapa saat, Anda menangis tidak terkontrol. Gejala depresi memang bisa berupa kesedihan, frustrasi, kemarahan dan menyebabkan perubahan mood mendadak, sehingga sulit dipahami oleh orang lain.

·         Kehilangan harapan

Seseorang yang mengalami depresi cenderung kehilangan harapan, merasa hidupnya tak lagi berguna, merasa tidak ada lagi yang menyayanginya, membenci diri sendiri, atau kerap menyalahkan diri sendiri.

Bila Anda mengalami gejala-gejala di atas, bisa jadi Anda sudah membutuhkan bantuan dari dokter spesialis kejiwaan atau dokter psikiatri. Jangan ragu untuk meminta bantuan pada ahlinya karena gejala tersebut tidak boleh dibiarkan berlarut-larut.

Sementara itu, cobalah untuk menceritakan masalah Anda kepada keluarga. Katakan sejujurnya tentang perasaan Anda bagaiman. Bantuan atau dukungan keluarga sangat berarti dalam menghadapi segala masalah yang sedang Anda hadapi. Apabila sulit untuk mencari jalan keluar, gunakan penengah misalnya psikolog atau sahabat/keluarga lainnya. Usahakan pula untuk selalu berpikir positif agar dapat meminimalisir stres.

Baca juga

Jenis-Jenis Depresi yang Perlu Anda Tahu 

Cara Membangkitkan Semangat Saat Anda Mengalami Depresi

Ini Tanda dan Gejala Depresi yang Harus Anda Waspadai

Perbedaan Stres dan Depresi, serta Cara Mengatasinya

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar