Sukses

Apa Penyebab Nyeri Telapak Kaki saat Jinjit?

14 Apr 2021, 21:57 WIB
Wanita, 45 tahun.

Halo Dok saya mau tanya kenapa telapa kaki saya sakit pas kaki lagi jinjit

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. 

Nyeri telapak kaki seringkali disebabkan oleh over-use otot telapak kaki atau peradangan pada telapak kaki. 

Over-use. 

Penggunaan otot telapak kaki yang berlebihan dan tidak disertai dengan istirahat yang cukup dapat memberikan beban yang berlebih. Selain itu, bentuk kaki yang tidak normal seperti flat foot dan kekakuan otot (otot tidak lentur) terutama otot betis dan otot hamstring, dapat memberikan beban berlebih terhadap telapak kaki.

- Peradangan telapak kaki.

Peradangan telapak kaki atau plantar fascitis, dapat disebabkan oleh kekakuan otot serta tulang telapak kaki yang menonjol lebih dan mengiritasi telapak kaki. Berdasarkan informasi yang anda berikan, kemungkinan besar disebabkan oleh over use. Namun apakah ada kelainan kaki yang lain, harus ditemukan melalui pemeriksaan fisik dan mungkin membutuhkan pemeriksaan penunjang seperti USG atau x-ray. 

Penanganan awal yang bisa anda lakukan adalah :

memberikan kompres dingin menggunakan botol es yang terbuat dari kaca/alumunium, kemudian di kompres dengan lakukan gerakan rolling pada telapak kaki yang sakit selama 10 menit. Kompres ini dapat dilakukan sesudah bangun tidur dan setiap selesai berolahraga.Konsumsi obat anti nyeri seperti parasetamol, ibuprofen, meloxicam, asam mefenamat, natrium diklofenak, dll dapat membantu mengurangi nyeri untuk sementara.Istirahatkan kaki anda selama 2 minggu ini dengan tidak gunakan untuk berlari.Kami sarankan anda berkonsultasi dengan dokter spesialis ortopedi atau dokter spesialis kedokteran olahraga untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melalui PlayStore/ Android: https://www.klikdokter.com/download dan untuk App Store  https://app.adjust.com/n01yug7 kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar