Sukses

Seputar Nyeri Jantung

15 Apr 2021, 09:10 WIB
Wanita, 16 tahun.

dok saya mau tanya,cara meredakan sakit di jantung itu gimana ya dok,kalo nafas cepet apa ngulet itu sakit gimana cara meredakannya?

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan melalui Klikdokter.com 

 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. 

Sakit jantung apa yang Anda rasakan?

nafas cepat apakah sudah Anda hitung dalam 1 menit? 

 

Gejala penyakit jantung juga sangat beragam, tergantung dari jenis penyakit jantung yang dialami. Pada penyakit jantung koroner, gejala utamanya adalah nyeri dada.

Dapat pula disertai dengan sesak napas, nyeri di lengan kiri atau di rahang. Pada kondisi aritmia, gejala sakit jantung yang dapat muncul adalah berupa keluhan berdebar-debar, rasa tidak nyaman di dada, sesak napas, sensasi melayang, hingga pingsan. 

Untuk memastikan adanya gangguan jantung, ada beberapa pemeriksaan yang diperlukan, tergantung jenis penyakit jantungnya. Secara umum, pemeriksaan untuk memastikan diagnosis penyakit jantung adalah:

Elektrokardiogram (EKG), yaitu pemeriksaan untuk melihat aliran listrik dan irama jantung. Pemeriksaan ini dilakukan dengan cara memasang beberapa sadapan (berbentuk seperti penjepit) ke tubuh pasien. EKG merupakan pemeriksaan yang paling umum dilakukan pada mereka yang diduga mengalami gangguan jantung.Ekokardiografi, yaitu pemeriksaan untuk melihat bagian dalam jantung, fungsi pompa jantung, dan fungsi katup jantung. Pemeriksaan ini terutama dilakukan pada mereka yang diduga mengalami gagal jantung, penyakit jantung bawaan, dan kelainan katup jantung.Treadmill test, yaitu pemeriksaan irama jantung yang dilakukan sembari pasien melakukan aktivitas fisik (treadmill). Pemeriksaan ini umumnya dilakukan untuk mendeteksi dini penyakit jantung koroner.Angiografi, yaitu pemeriksaan jantung yang dilakukan dengan cara memasukkan ‘kamera’ ke dalam pembuluh darah jantung untuk melihat adanya sumbatan di dalam pembuluh darah jantung. 

Kami sarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan langsung ke dokter Spesialis Jantung agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik menyeluruh dan mendapatkan penanganan yang optimal. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat 

 

 

1 Komentar