Sukses

Penyebab Anak Sering Bersin

12 Apr 2021, 22:08 WIB
Wanita, 30 tahun.

Mau tanya dok kenapa anak saya sering bersin stiap hari

Terima kasih telah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Selain bersin, adakah keluhan lainnya misalnya disertai pilek? Adakah waktu tertentu muncul bersin, misalnya pagi hari atau malam hari?

Diagnosis dengan gejala bersin atau meler bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab, mulai dari infeksi sampai alergi. Mengingat disebutkan memiliki riwayat bersin berulang, bisa saja ini bagian dari reaksi alergi.

Pertama izinkan kami menjelaskan tentang keadaan peradangan hidung yang disebabkan oleh alergi. Rhinitis alergi adalah penyakit peradangan yang disebabkan oleh reaksi alergi pada pasien-pasien yang memiliki atopi, yang sebelumnya sudah tersensitisasi atau terpapar dengan allergen (zat/materi yang menyebabkan timbulnya alergi) yang sama serta meliputi mekanisme pelepasan mediator kimia ketika terjadi paparan ulangan dengan allergen yang serupa.Rhinitis alergi adalah kelainan pada hidung dengan gejala-gejala bersin-bersin, keluarnya cairan dari hidung, rasa gatal dan tersumbat setelah mukosa hidung terpapar dengan allergen yang mekanisme ini diperantarai oleh IgE

Gejala klinis yang khas adalah terdapatnya serangan bersin yang berulang-ulang terutama pada pagi hari, atau bila terdapat kontak dengan sejumlah debu. Sebenarnya bersin adalah mekanisme normal dari hidung untuk membersihkan diri dari benda asing, tetapi jika bersin sudah lebih dari lima kali dalam satu kali serangan maka dapat diduga ini adalah gejala rhinitis alergi. Gejala lainnya adalah keluar ingus (rinore) yang encer dan banyak. Hidung tersumbat, mata gatal dan kadang-kadang disertai dengan keluarnya air mata. Beberapa gejala lain yang tidak khas adalahallergic shiner bayangan gelap di bawah mataallergic salute. Gerakan mengosok-gosokan hidung pada anak- anak, allergi crease, timbulnya garis pada bagian depan hidung.

 Tetapi untuk memastikannya sebaiknya konsultasikan secara langsung dengan dokter spesialis anak Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar