Sukses

Seputar Penularan HIV

12 Apr 2021, 08:50 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok, saya mau tanya, maaf pertanyaan saya agak sensitif, saya pria yang berhubungan dengan seorang pria juga, kita sudah tinggal bersama saat awal kuliah dan kita sudah berkomitmen kalau tidak akan berganti pasangan atau seks dengan orang lain selain pasangan, kita seks tidak pernah memakai kondom dan hanya memakai pelicin saja dan selalu klimaks cum inside.. apakah tindakan itu dapat terkena hiv dok? Solanya saya baca² di artikel rata menjelaskan bahwa hiv dapat menular jika salah satu pasangan sudah terkena hiv karena sex bebas sedangkan kita tidak dok Terimakasih sebelumnya

Terima kasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan.

Beberapa cara penularan HIV adalah melalui darah, melalui cairan mani/vagina, dan dari Ibu ke Anak. Bila tidak ada kontak dengan darah (misalnya pertemuan luka dengan luka) dan tidak ada pertukaran cairan vagina/mani maka resiko untuk tertularnya HIV tidak ada.

Bila Anda terkena cairan vagina/mani penderita HIV maka ada resiko tetular, namun masih faktor resiko, kalau ingin pasti dalam waktu 3 bulan Anda dapat melakukan pemeriksaan HIV. Atau bila memang Anda pasti kontak dengan penderita HIV kami sarankan coba lakukan pengobatan profilaxis infeksi HIV yaitu pemberian obat anti-HIV selama 1 bulan. Sebelumnya coba lakukan konsultasi ke dokter penyakit dalam terlebih dahulu. 

HIV dapat terdeteksi dengan tes darah dengan cara mendeteksi adanya antibodi HIV di dalam sample darahnya. Tes darah yang dilakukan adalah Tes ELISA dan Western Bolt. Antibodi HIV biasanya dapat dideteksi sekitar 3-8 minggu setelah terinfeksi.

Anda tidak dapat memastikan bahwa kondisi pasangan anda bebas dari HIV sebelum terbukti benar-benar dengan tes yang dilakukan, karena hiv dapat tertular tidak hanya melalui cairan kelamin (bisa lewat transfusi darah, jatum suntik)

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar