Sukses

Penyebab selangkangan Menghitam

10 Apr 2021, 18:43 WIB
Wanita, 14 tahun.

Dok mau tanya, penyebab area selangkangan bewarna gelap karena apa ya dok? beri tips memutihkan/mencerahkannya donk dok

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan.

Ada beberapa area di tubuh yang dapat berubah menjadi kehitaman, dan di dalam dunia kedokteran disebut dengan hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi ini dapat dicetuskan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah perubahan hormonal, pemakaian pil KB (bagi wanita), kurang terjaga kebersihan, atau seringnya terjadi gesekan antar kulit akibat berat badan berlebih. Akibat faktor pencetus ini maka akan terjadi peningkatan produksi pigmen pada melanosit. Peningkatan produksi pigmen pada sel kulit akan menyebabkan area kulit menjadi lebih gelap daripada sekitarnya.

Selangkangan hitam dapat disebabkan pergesekan ketika berjalan (terutama jika kelebihan berat badan/obesitas), infeksi jamur, atau higiene yang kurang (penumpukan kulit mati). Warna ketiak yang hitam dapat disebabkan oleh karena terlihat akar rambut ketiak sehingga terlihat hitam, mencukur bulu ketiak, karena kotoran tubuh (daki), atau pergesekan. Sementara itu siku hitam biasanya terjadi karena pergesekan atau penumpukan kulit mati.

Mencerahkan kulit di bagian tersebut dapat dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Salah satunya adalah dengan penggunaan scrub, dermabrasi, mandi dengan spons, menurunkan berat badan, dan menangani infeksi jamur tersebut dengan obat jamur. Untuk pengobatan jamur, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan tatalaksana yang tepat.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melalui PlayStore/ Android: https://www.klikdokter.com/download dan untuk App Store  https://app.adjust.com/n01yug7 kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.\

0 Komentar

Belum ada komentar