Sukses

Program Kehamilan

09 Apr 2021, 15:35 WIB
Wanita, 22 tahun.

Assaamu'alaikum.. Saya sudah 1 tahun menikah, awal menikah saya pernah kb. Tapi saya berhenti setelah itu dan mensutruasi saya setiap bulan nya Alhamdulillah teratur, tapi sampai sekarang saya belum hami juga.. mohon penjelasan nya dok

Terima kasih telah bertanya mengenai ingin hamil melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

   

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Yang perlu dilakukan dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Selain itu, perlu juga diperhatikan:

•   hentikan segala bentuk kegiatan yang kurang baik seperti merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol.

•   sebisa mungkin hindari konsumsi obat-obatan, terutama yang dijual bebas

•   ketahui masa subur Istri, dan lakukan hubungan intim terutama sekitar masa subur

•   menjaga gaya hidup sehat dan memakan makanan bergizi.

•   Hindari diet berlebihan selama merencakan kehamilan.

•   menurut the Center for Disease Control (CDC), perempuan yang merencanakan kehamilan dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio

•   Hindari stres psikologis dan beban pikiran, terutama beban pikiran ingin memperoleh keturunan secepatnya.

•   Jalani hidup dengan santai dan bahagia

Ovulasi adalah suatu peristiwa dimana sel telur keluar dari ovarium dan siap untuk dibuahi oleh sperma. Waktu terjadinya ovulasi dapat diperkirakan sekitar 2 minggu sebelum terjadinya menstruasi berikutnya jika haid Istri teratur. Setelah dikeluarkan, sel telur dapat bertahan hidup selama 24 jam, sementara sperma yang telah dikeluarkan dapat bertahan hidup 48-72 jam, karena itu dianjurkan Anda melakukan hubungan seksual 2 hari sebelum hingga 2 hari sesudah waktu perkiraan ovulasi.

Jika haid Anda tidak teratur, untuk menghitung masa subur pada wanita dengan siklus haid tidak teratur harus dilihat dari 6 siklus haid. Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

Rumus Penghitungan Masa Subur:

Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18Hari

terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11

Karena itu untuk memperbesar kemungkinan terjadi pembuahan, kami sarankan untuk berhubungan intim teratur, 3-4x/minggu, terutama pada saat terjadinya ovulasi. Pada sebagian besar pasangan, kehamilan dapat terjadi dalam 1 tahun pertama setelah menikah. Apabila setelah satu tahun melakukan hubungan intim secara teratur tanpa menggunakan kontrasepsi kehamilan belum juga terjadi, perlu dicari kembali penyebab yang mendasari baik dari pihak Anda maupun pihak istri. Istri dapat menjalani pemeriksaan hormonal, USG rahim, atau HSG. Untuk suami, dapat dilakukan pemeriksaan analisa sperma baik secara kualitas maupun kuantitas. Kami doakan agar Anda dan Suami cepat memperoleh keturunan. 

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan seputar ingin hamil. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar