Sukses

Penyebab Tangan Tidak Dapat Digerakkan setelah Patah Tulang

07 Apr 2021, 12:03 WIB
Pria, 19 tahun.

Halo dok, dulu saya sempat kecelakaan dan tangan saya patah di persendiannya, saya tidak dapat melakukan operasi karena pada saat itu sedang kekurangan biaya, jadi orang tua saya membawa saya ke pinat tradisional, sekarang sudah hampir 2 tahun dari kejadian tersebut dan tangan saya tidak dapat ditekut maupun diluruskan, apa yang harus saya lakukan dok ? kalau melakukan operasi saat ini apakah masih bisa ? terimakasih.

dr. Valda Garcia

Dijawab Oleh:

dr. Valda Garcia

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran anda. Pada dasarnya cedera pada tulang dan sendi termasuk patah tulang cukup sering menyebabkan rasa kaku setelah proses penyembuhan. Sebelumnya, apakah selama proses penyemuhan pasca operasi jari Anda tetap digerakkan atau tidakdigerakkan?

Pada proses penyembuhan patah tulang akan terjadi pembentukan jaringan tulang baru untuk menyambung tulang yang patah sehingga terkadang dapat menyebabkan kekakuan terutama ada tulang-tulang kecil seperti jari. Selain itu, saat terjadi patah tulang, jaringan di sekitar tulang seperti otot, jaringan pengikat, dan sendiri juga dapat terlibat dan mengelami peradangan, Pada saat proses penyembuhan dapat terjadi pembentukan jaringan skar di dalam yang tidak terlihat mata. Ini juga merupakan salah satu kemungkinan penyebab kekakuan pasca penyembuhan patah tulang. Untuk mengurangi kekakuan tersebut, anda dapat mencoba melakukan fisioterapi atau berkonsultasi dengan dokter spesialis rehab medik. Memang seharusnya terapi ini anda lakukan segera setelah sembuh. Namun demikian, tidak ada salahnya untuk mencoba berkonsultasi langsung terlebih dahulu dengan dokter spesialis rehab medik untuk mendiskusikan kemungkinan penyembuhan.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar