Sukses

Tangan Nyeri dan Sulit Digerakkan

07 Apr 2021, 11:40 WIB
Wanita, 61 tahun.

saya berusia 61 thn dan sudah beberapa bulan belakangan ini tangan saya sering kesemutan/kebas dan skrg malah tangan sebelah kiri sakit sekali dan tidak bisa digerakan ke atas karena nyeri hebat,kira2 sakit apa ya dok, dan obat apa yg cocok dengan penyakit saya

dr. Valda Garcia

Dijawab Oleh:

dr. Valda Garcia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Apakah Anda sering merasa kesemutan/baal pada pergelangan tangan atau jari-jari tangan?

Sebenarnya sulit bagi kami untuk menegakkan diagnosis hanya berdasarkan cerita yang Anda berikan. Terlebih keluhan yang Anda berikan adalah keluhan muskuloskeletal yang memerlukan pemeriksaan langsung. Keluhan nyeri pada tangan dapat disebabkan oleh masalah pada tulang, otot atau persarafan. 

Carpal Tunnel Syndrome (CTS) adalah penyebab tersering gangguan syaraf pada tangan yang gejala utamnya adalah kesemutan dan nyeri, terutama pada 3 jari terluar (kelingking, jari manis, jari tengah). CTS disebabkan oleh terjepitnya syaraf medianus oleh ligamen transversus carpii (ligeman otot yang berada di pergelangan tangan). Pada keadaan berat rasa nyeri bisa menjalar ke lengan atas dan kelemahan pada jari tangan (seperti tidak kuat menggenggam).

Berdasarkan cerita Anda, kami menduga Anda menderita CTS. Salah satu faktor risiko CTS adalah gerakan tangan berulang seperti menggenggam/menyetir, mencuci baju, orang yang banyak menulis/mengetik.

Apabila gejala tidak mereda dan semakin memburuk, kami sarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis syaraf untuk dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh. 

Berikut kami lampirkan artikel yang berhubungan dengan keluhan Anda

Carpal Tunnel Syndrome

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar