Sukses

Anak Susah Makan

06 Apr 2021, 19:39 WIB
Wanita, 1 tahun.

dok kenapa ya anak saya susah sekali makan, ngemil dan makan buah sangat suka tapi berat badan kurang , setelah ditimbang kegiatan posyandu dikatakan gizi buruk bagaiamana cara mengatasinya, apakah saya harus ke dokter anak atau ahli gizi

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Bu, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Ada banyak penyebab anak susah makan, seperti terlalu kenyang dengan cemilan, jam makan yang salah, terlalu banyak minum susu, bosan dengan menu makanan, dsb. Coba Anda perhatikan dan cari tahu penyebab anak Anda susah makan.

Beberapa hal yang dapat Kami sarankan untuk membuat anak Anda mau makan diantaranya:

1. Mengurangi camilan yang membuat anak kenyang. Jangan biarkan anak terlalu sering memakan makanan kecil di luar makanan utama karena dapat menyebabkan anak kenyang. Jangan juga memberikan camilan saat waktunya jam makan utama.

2. Buat suasana makan yang menyenangkan bagi anak. Buatlah suasana yang menimbulkan anggapan bahwa makan adalah sesuatu yang menyenangkan. Jangan cepat menyerah jika anak tidak menyukai makanan yang kita tawarkan. Coba ulangi lagi dengan suasana yang berbeda.

3. Berikan jadwal makan teratur dalam jumlah yang kecil, jangan paksa anak menghabiskan makanannya.

4. Jangan cemas & khawatir. Hindari menunjukkan wajah khawatir atau marah ketika anak tidak mau makan. Perhatian terhadap kelakuan anak yang kurang baik justru dapat membuat anak terus melakukannya lagi.

5. Beri pujian. Bila anak mau makan atau mau menghabiskan makanannya maka berilah pujian.

6. Pantau asupan minum sebelum makan. Jangan biarkan anak minum dalam jumlah banyak sesaat sebelum makan. Minum dapat membuat kenyang dan membuat anak tidak mau makan. Jangan juga memberi susu pada anak secara berlebihan dan pada saat waktunya makan utama, karena susu dapat membuat anak kenyang.

Jika cara di atas sudah dilakukan dan anak tetap susah makan, kami sarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter anak untuk dievaluasi dan mendapatkan penanganan.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar