Sukses

Benjolan di Bibir Vagina

06 Apr 2021, 18:53 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dokter saya mau bertanya dok.. di bibir vagina saya ada benjolan merah seperti bisul dok tetapi tidak ad mata nya dok..ada beberapa benjolan. Rasanya sakit banget dok. Tetapi benjolan itu datang di setiap tanggal haid saya dok.. cuma beberapahari saja setelah itu hilang benjolannya dok. Apa ini ada hubungannya dengan saya tidak mens 2bulan dok? Padahal saya tidak pernah berhubungan intim. Paling hanya seminggu sekali dok. Saya takut apakah benjolan itu tumor dok???

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Di bagian bibir vagina adalah bagian yang masih memiliki  kelenjar sebasea. Daerah kemaluan adalah daerah yang cukup lembab karena lokasinya dan selalu tertutup celana dalam. Maka dari itu, kelenjar sebasea ditambah daerahnya yang lembab membuat kulit daerah tersebut menjadi lebih mudah terinfeksi. 

Benjolan di bibir vagina bisa disebabkan berbagai hal, seperti:

1. Kista Bartholini

2. Moluscum Kontagiosum (infeksi virus pox)

3. Herpes Simplex (infeksi virus herpes)

4. Jerawat

Karena banyaknya kemungkinan penyebab, maka untuk mendapatkan penanganan yang optimal agar keluhan Anda teratasi maka sebaiknya Anda memeriksakan diri kepada dokter spesialis kulit terdekat.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar