Sukses

Siklus Haid Setelah Lepas KB

06 Apr 2021, 16:41 WIB
Wanita, 20 tahun.

bismillah assalamu'alaikum dok. saya siti aisyah.. sebelumnya saya suntik kb yg 3 bulan. nah bulan oktober 2020 saya memutuskan untuk melepasnya, setelah saya melepas kb dan tidak kb lagi beberapa bulan saya belum mengalami menstruasi, singkat cerita. qadarullah pada tanggal 7 maret 2021saya mengalami haid, dan selesai pada tanggal 11nya.. setelah itu saya mengalami haid lagi pada tgl 20 maret 2021 selesai di tanggal 23 nya.. setelahnya pada tanggal 31 maret hingga tgl 4 april ini saya masih mengalami haid. apakah tidak apa apa dalam kurun waktu 1 bulan terus menerus haid? dan apakah itu tanda nya rahim saya sudah subur kembali? dan apakah tidak mengapa kalau saya ingin menggunakan kembali kb suntik 3bulan saat sedang menstruasi? terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Kontrasepsi suntikan KB mengandung hormon yang berfungsi sebagai alat pencegah kehamilan dengan cara kerja mempengaruhi sistem hormon di dalam tubuh. Salah satu efek samping dari hormon tersebut adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan atau bahkan tidak haid. Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini.

Pada pemakaian KB suntik, siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun setelah pemakaian suntikan KB dihentikan. Selama dalam waktu 6 bulan-1 tahun maka siklus menstruasi dapat mengalami ketidakteraturan yang disebabkan karena proses pengembalian keseimbangan hormonal beberapa waktu. Pengembalian kesuburan untuk kehamilan 5-7 bulan setelah penghentian suntikan. Namun hal ini berbeda- beda pada setiap individu.

Namun jika lebih dari satu tahun lepas suntik KB Anda masih mengalami haid yang tidak teratur, kami sarankan agar Anda memeriksakan diri kepada dokter kandungan diagnosis dan penanganan lebih lanjut.

Anda tak perlu khawatir, suntik KB dapat diberikan pada saat hari 1-5 saat haid.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar