Sukses

Mneghilangkan Flek Hitam

06 Apr 2021, 16:40 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok, saya yunita umur 20 tahun. Saya memiliki flek hitam di wajah yang lumayan banyak, ketika saya konsul di dokter katanya flek hitam susah dihilangkan jika di kulit kering. Apa tidak ada cara untuk menghilangkan flek di wajah saya ya dok? Galau banget ni dok, mana masih muda masak gabisa diilangin

Terima kasih telah bertanya tentang Cara Menghilangkan Flek Hitam Wajah melalui fitur Tanya Dokter

Mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab pertanyaan Anda.

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, izinkan kami menjelaskan tentang flek hitam. Noda hitam di wajah atau biasa disebut sebagai hiperpigmentasi memang agak sulit hilang, terkadang dapat memakan waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Flek hitam di wajah dapat disebabkan oleh berbagai kondisi seperti terpapar sinat matahari, proses penuaan ataupun pengaruh hormonal.

Mengatasi flek hitam yang timbul di wajah dapat diatasi dengan melakukan beberapa perawatan seperti krim hidrokuinon, chemical peeling atau mikrodermabrasi atau dengan menggunakan laser. Pemilihan cara perawatan biasanya berdasarkan berat ringan dan dalamnya flek.

Bila Anda menggunakan krim yang mengandung hidrokuinon, maka pastikan penggunaan obat tersebut dibawah pengawasan dokter karena efek samping yang dapat terjadi dari komponen tersebut. Krim hidrokuinon 2% termasuk dalam dosis yang aman, dan penggunaannya harus tepat hanya pada bekas luka saja dan aplikasikan pada malam hari.

Oleh sebab itu, kami himbau Anda datang ke dokter spesialis Kulit dan Kelamin atau Klinik kecantikan kulit yang disupervisi oleh Dokter yang terlatih, untuk mengetahui sebab yang pasti dan pengobatan yang sesuai untuk flek di wajah. Kami tidak menyarankan Anda untuk membeli atau menggunakan suatu produk yang bukan diresepkan oleh dokter dan tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Saat ini, tindakan yang dapat Anda lakukan adalah mencegah agar flek tersebut tidak bertambah banyak, dengan cara menggunakan:

  • Sunblock atau tabir surya. Aplikasikan pada wajah Anda setiap hari untuk membantu mencegah timbulnya bintik hitam akibat sinar matahari.
  • Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30.
  • Jika Anda menggunakan produk perawatan wajah, gunakan sesuai kondisi kulit. Anda bisa menambahkan serum vitamin C atau niacinamide untuk membantu menyamarkan flek
  • Mengkonsumsi vitamin C (bisa dari suplemen ataupun dari makanan spt sayuran dan buah)

Demikan penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Cara Menghilangkan Flek Hitam Wajah. Semoga bermanfaat.

Salam,

1 Komentar