Sukses

Telinga Berbunyi Klik Saat Berbicara

06 Apr 2021, 10:58 WIB
Wanita, 13 tahun.

Saya Christa 13 th. 1 bulan ini telinga kiri saya setiap ngomong 1 kata/kalimat selalu berbunyi tek seperti ketika tulang jari diketuk ke tembok. tapi ketika bernyanyi nada tinggi tidak berbunyi, hanya saat nada menengah ke rendah saja. lalu kadang telinga kanan juga bunyi namun jarang. sudah dicoba bersihkan telinga namun tetap bunyi, kira” knp ya?

Terima kasih telah bertanya seputar gangguan pendengaran melalui Tanya Dokter.

Terdengarnya suara yang mengganggu bisa terjadi karena berbagai hal. Proses mendengar berlangsung dari liang telinga, gendang telinga, tulang-tulang pendengaran, hingga saraf dan otak. Untuk menentukan penyebab gangguannya perlu pemeriksaan yang menyeluruh dan dilakukan dengan alat khusus di dokter spesialis THT.

Cukup banyak juga kasus telinga berdenging yang tidak ditemukan penyebab pastinya atau disebut idiopatik. Apabila suara hanya terdengar saat berbicara, bisa juga gangguannya berasal dari proses bicaranya, dari sendi rahang hingga pita suara. Misalnya, adanya suara "klik" akibat gangguan struktur rahang/otot/tendo di sekitarnya.

Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi langsung ke dokter spesialis THT agar dapat dilakukan pemeriksaan dengan seksama.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar