Sukses

Penyembuhan luka

04 Apr 2021, 13:18 WIB
Wanita, 20 tahun.

Hallo dok, untuk luka basah yang masih tahap penyembuhan karena kena aspal boleh ga pake gel octenilin dengan plester dermafix?

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Untuk mendukung proses penyembuhan luka, Anda perlu memperhatikan kebersihan luka agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) terkait wilayah/anggota tubuh yang mengalami luka dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka.

Perawatan luka yang baik juga merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan untuk mempercepat penyembuhan luka. Pertahankanlah agar luka selalu dalam keadaan bersih, dan tutuplah luka dengan kassa steril selama luka tersebut belum menutup secara sempurna (kassa diganti dua kali dalam sehari). Selama luka masih basah, bersihkan dan kompres dengan kassa lembab yang telah dibasahi cairan infus NaCl 0,9% atau air masak yang bersih minimal 2x/hari. Ketika akan mengganti kassa, jangan lupa membasahi kassa sedikit agar tidak lengket dan menimbulkan luka baru.

Penggunaan obat yang Anda sebutkan bisa saja digunakan tetapi harus sesuai dengan kondisi luka. Tidak boleh secara sembarangan menggunakan obat luar (obat antiseptik/pembersih luka), bahkan menggunakan lebih dari satu jenis obat secara bersamaan. Maka dari itu sangat penting Anda kontrol ke dokter, untuk memastikan kondisi luka Anda dan mendapat penanganan yang tepat.

Baca juga

Tips Perawatan Luka Ringan di Rumah 

Cara Alami Menyembuhkan Luka dengan Cepat

Cara Merawat Luka Sesuai Anjuran Medis

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar