Sukses

Benjolan di kepala dan sering sakit kepala

04 Apr 2021, 13:18 WIB
Wanita, 22 tahun.

Siang Dokter, Di kepala bagian tengah atas saya ada benjolan kerasa kaya tulang, kalau di pencet biasa ga sakit tapi kalau di teken agak keras sakit. tapi kepala saya sering banget sakit kadang migrain kadang vertigo, sakit2 bisa juga hilang timbul di titik titik tertentu sakitnya. apakah sakit kepala ini gara2 benjolan itu? terimakasih

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Benjolan pada kepala bisa disebabkan oleh banyak hal, peradangan, hambatan saluran kelenjar, tumor jinak, dan masih banyak lagi. Terlalu dini menyimpulkan diagnosis penyakit hanya berdasarkan informasi yang Anda paparkan. Benjolan kepala dapat disebabkan oleh berbagai sebab:

  • Tumor
  • bisul (abses), biasanya disertai dengan keluhan nyeri, warna kemerahan
  • Trauma

Namun, untuk mendiagnosa benjolan memang memerlukan pemeriksaan fisik. Apakah ada riwayat terbentur? Jika ada, bisa jadi benjolan itu adalah hematom atau kumpulan darah, Perlu juga diketahui sudah berapa lama benjolan tersebut ada, apakah bertambah besar, warna, apakah kenyal/dapat digerakkan dan sebagainya. Kami sarankan Anda mengunjungi dokter, agar dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik. Setelah kondisi Anda ditentukan maka Anda dapat memperoleh penanganan yang sesuai.

Perlu dibedakan antara pusing dan sakit kepala. Pusing biasanya disertai perasaan lingkungan seperti berputar (vertigo). Seperti apa keluhan nyeri kepala yang Anda rasakan, apakah nyeri kepala di seluruh bagian kepala atau sebelah? Nyeri seperti diikat atau berdenyut? Adakah gejala lain seperti kesemutan/baal, kelemahan sisi tubuh, gangguan penglihatan, penurunan berat badan, mual/muntah? Bagaimana intensitas nyeri Anda, apakah sama atau semakin lama semakin berat? Apakah saat gejala muncul Anda melihat lingkungan sekitar seperti bergoyang?

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sakit kepala pada umumnya tidak diketahui sebabnya (lebih kurang 90%). Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh kelelahan, kurang tidur, dsb. Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan tension type headache, cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dll.

Untuk memastikan kondisi Anda, sebaiknya periksakan diri secara langsung ke dokter spesialis saraf.

Baca juga

Jangan Salah, Ini Perbedaan Sakit Kepala dan Pusing!

Hindari Hal Ini Saat Dilanda Sakit Kepala!

Hindari Kebiasaan Penyebab Sakit Kepala Ini

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar