Sukses

Belum haid meski sudah minum obat pelancar

04 Apr 2021, 13:18 WIB
Wanita, 24 tahun.

dok saya mau tanyk beberapa waktu lalu saya telat haid 2 bulan langsung ke dokter di bilang gk hamil dan di beri obat pelancar haid namanya regumen sampai habis obat nya saya minum masih belom haid jugk itu knp ya dok

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Penyebab tidak haid ada banyak sekali. Meskipun telat haid merupakan tanda kehamilan, namun tidak pasti. Pertama izinkan kami menjelaskan tentang gangguan siklus haid. Adapun gangguan siklus menstruasi umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama

Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)

Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30

Malnutrisi (kurang gizi)

Stres psikologis

Atlet

Kekurangan vitamin K

Penggunaan obat-obatan tertentu

Kelainan pembekuan darah

Gangguan hormon tiroid

Dan lain sebagainya

Selain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ kandungan. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan.

Obat yang Anda konsumsi saat ini merupakan obat peluruh haid yang mengandung hormon untuk menginduksi terjadinya haid. Sebelum mengonsumsi obat ini harus dipastikan terlebih dahulu bahwa Anda sedang tidak dalam kondisi hamil. Setelah penggunaan obat ini biasanya haid akan datang dalam 3-6 hari, namun ada pula yang baru haid setelah 15 hari. Bila telah lebih dari waktu tersbut sebaiknya Anda berkonsultasi ulang dengan dokter yang menangani Anda, agar dapat dievaluasi lebih lanjut mengenai masalah yang Anda alami. 

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar