Sukses

Gondongan?

01 Apr 2021, 08:45 WIB
Pria, 19 tahun.

Malam dok perkenalkan nama saya gibran saya mau tanya sudah seminggu ini saya mengalami gondongan di dekat kerongkongan bagaimana cara mengobatinya dok terus obat apa saja yang direkomendasikan yang aman untuk diminum. Gejala yang selama ini saya alami Panas naik turun, Meriang, pusing yang berlebihan , terkadang batuk terkadang tidak. Sekian Terimakasih

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdr

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.

Namun, apakah benar Anda gondongan? Untuk memastikannya sebaiknya periksakan diri terlebih dahulu langsung ke dokter.     

Gondongan merupakan infeksi kelenjar ludah (parotis) yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini mudah menular dari satu orang ke yang lain melalui ludah, lendir hidung atau saat berciuman.

Gejalanya biasanya muncul 2 minggu setelah terpapar virus. Gejala-gejala awal berupa rasa lelah/lemas seluruh tubuh, nyeri/ngilu-ngilu sendi dan otot, sakit kepala, hilang nafsu makan, demam ringan. Beberapa hari berikutnya, demam bisa tinggi lebih dari 38,5 derajat. Kelenjar ludah yang terletak di pipi dekat telinga dapat membengkak dan nyeri.

Pengobatan gondongan hanyalah untuk mengurangi rasa tidak nyaman akibat gejala yang timbul. Karena ini disebabkan oleh virus, infeksinya akan menghilang dengan sendirinya. Berikut yang dapat Anda lakukan saat mengalami gondongan:

  • Usahakan cukup istirahat atau segera beristirahat ketika lelah.
  • Gunakan obat seperti parasetamol atau ibuprofen untuk menurunkan demam dan mengurangi nyeri.
  • Kompres dingin kelenjar yang membengkak.
  • Banyak minum agar tidak dehidrasi dan demam cepat turun.
  • Konsumsi makanan lunak seperti sup, yogurt, atau jus yang tidak sulit dikunyah. Ketika kelenjar membengkak, mengunyah akan menimbulkan nyeri.
  • Hindari makanan dan minuman yang asam karena dapat menambah nyeri.

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdr dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar