Sukses

Cara Mengobati Resesi Gingiva atau Penurunan Gusi

30 Mar 2021, 17:21 WIB
Pria, 22 tahun.

dok saya punya beberapa pertanyaan gigi saya bagian depan ada yang mengalami resesi gingiva pada kedua gigi taring,gigi kacip pertama rahang bawah dan gigi kacip kedua rahang atas karena kebiasaan menggosok gigi secara vertikal dan sekarang saya sudah mengganti kebiasaan itu dengan menggosok secara horisontal.dan menurut saya resesi gingiva pada gigi kacip kedua rahang atas karena seblumnya ada gigi (gigis) dalam bahasa jawa sekarang sudah lepas dan pada gigi kacip pertama mengalami resesi gingiva karena gigi saya tidak rapi gigi kacip pertama agak menonjol ke depan, karna resesi gingiva keempat gigi saya ini gigi saya terlihat lebih panjang.bagaimana cara mengobati resesi gingiva ini ? terima kasih

Terimakasih telah bertanya seputar cara mengobati resesi gingiva atau penurunan gusi melalui fitur Tanya Dokter.

Penurunan gusi atau resesi gingiva (gingival recession) menyebabkan tereksposnya sebagian akar gigi. Bisa membuat gigi jadi sensitif dan membuat tampilan estetik gigi depan menjadi kurang baik karena terlihat lebih panjang. Penanganan yang dilakukan oleh dokter gigi bergantung dari beberapa hal seperti seberapa parah keadaannya, apa penyebabnya dan jenis resesi gingiva itu sendiri. Contohnya apabila gusi turun ini disertai kerusakan tulang tentu saja akan berbeda perawatannya dengan yang tidak disertai kerusakan tulang.

Ada dua macam terapi yang bisa diberikan yaitu secara bedah dan nonbedah. Untuk perawatan resesi gingiva non bedah, bisa melakukan perbaikan cara menyikat gigi dengan gerakan horizontal, lalu gunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut, kurangi tekanan saat menyikat gigi dan rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk melakukan pembersihan karang gigi. Jika pada bagian yang resesi gingiva terjadi ngilu dan sensitifitas, maka bisa gunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif yang digunakan terus menerus. Jika masih ngiu maka dokter gigi akan melakukan tindakan pemberian fluor dosis tinggi, dan instruksi untuk pemberian vitamin gigi yang mengandung CPP-ACP. Namun jika cara ini belum berhasil maka perlu dilakukan penambalan gigi dengan bahan tambal yang mengandung Fluor.

Kombinasi dari tindakan non-bedah dan menjaga kebersihan gigi serta mulut dapat menstabilkan resesi gingiva, sehingga resesi tidak bertambah lebar. Namun pada keadaan resesi yang cukup berat dan sangat mengganggu estetik  maka diperlukan tindakan bedah gusi.

Baca artikel berikut terkait pertanyaan anda :

Penyebab Penurunan Gusi yang Jarang Diketahui

Karang Gigi Muncul Kembali Setelah Dibersihkan

Inilah Dampak Dari Gusi Turun

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai cara mengobati resesi gingiva atau penurunan gusi, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar