Sukses

Jerawat Akibat Kurang Tidur

30 Mar 2021, 09:04 WIB
Wanita, 23 tahun.

Sore dok, mau tanya salep untuk muka katna alergi begadang itu apa ya dok,soalnya saya kalau tidur terlalu larut langsung timbul seperti jerawat dimuka

Terima kasih telah bertanya seputar jerawat akibat kurang tidur melalui Tanya Dokter.

Dari informasi yang Anda sampaikan, kemungkinan jerawat timbul akibat kurang tidur. Hal ini bukanlah merupakan suatu reaksi alergi sehingga menanganinya dengan obat-obatan untuk alergi bukanlah merupakan langkah yang tepat.

Salah satu penyebab terganggunya kesehatan kulit adalah kurang istirahat, terutama tidur malam. Begadang, tidur terlalu larut, dan jam tidur yang kurang dapat menyebabkan keluhan seperti jerawat yang tak kunjung sembih, selama pola hidup termasuk pola tidur belum diperbaiki.

Obat-obat untuk jerawat ditujukan untuk mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan. Obat yang dapat digunakan adalah retinoic acid/asam retinoat, benzoil peroksida, dan antibiotik topikal/oles. Sebagian besar obat-obatan jerawat belum memberikan hasil dalam 4-6 minggu pertama. Pengobatan yang diberikan dapat termasuk pengobatan luar dan juga obat-obatan minum tergantung derajat keparahan jerawat.

Untuk pengobatan awal, biasanya digunakan krim asam retinoat dioleskan pada malam hari setiap hari. Selain untuk mengobati komedo dan jerawat, obat ini dapat pula mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit. Pada awal penggunaan, jerawat dapat muncul semakin banyak, kulit menjadi merah serta mengelupas, namun penggunaan obat harus tetap dilanjutkan sampai minimal 3 bulan, jika perlu seterusnya.  

Selain dengan obat-obatan, jerawat juga dapat dikendalikan melalui pola makan yang baik, kebiasaan membersihkan wajah dan pengelolaan stres yang baik.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga keluhan Anda lekas mambaik!

0 Komentar

Belum ada komentar