Sukses

Apakah Obat TB Berhubungan dengan Mens Tidak Teratur?

29 Mar 2021, 21:50 WIB
Wanita, 23 tahun.

Saya adalah penderita tb getah bening dok, selama mengkosumsi obat tb ini saya mengalami menstruasi tidak lancar. apakah ini ada keterkaitannya atau tidak dok. terimakasih.

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Memang pengobatan TBC dapat menyebabkan tidak haid (amenore) pada beberapa individu. Obat Rifampicin dapat meningkatkan pemecahan hormon estrogen dan mengganggu lonjakan hormon LH yang mengatur ovulasi dan memicu haid sehingga dapat menyebabkan siklus haid terhenti.

Untuk itu, kami sarankan Anda mendiskusikan hal ini pada dokter Anda. Jika memang haid Anda terhenti karena efek samping obat maka setelah nantinya pengobatan berhenti maka biasanya siklus haid Anda akan kembali normal. Namun, perlu dilakukan pemeriksaan kebidanan terlebih dahulu untuk memastikan bahwa keluhan ini tidak disebabkan hal lain. Kami ingatkan kembali bahwa obat tb harus diminum setiap hari. Putus obat dapat menyebabkan kuman tb menjadi resisten (kebal) sehingga penyembuhan akan semakin sulit.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melalui PlayStore/ Android: https://www.klikdokter.com/download dan untuk App Store  https://app.adjust.com/n01yug7 kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar