Sukses

Mengatasi Batuk Anak

28 Mar 2021, 22:03 WIB
Wanita, 33 tahun.

Hallo dokter.. saya Ibu rumah tangga mempunyai anak usia 3thn. Awal mula sikecil minum susu dingin (susunya ditaruh dikulkas) setelah itu dia batuk2 dok.. malamnya langsung demam, keesokan harinya saya kasih obat flu & batuk untuk anak, tp sikecil masih aja batuk2. sampai malam hari nya semalaman dy batuk2 tak berhenti. tipe batuknya batuk kering dok. Pertanyaan saya : 1. Dok, kenapa batuknya terus menerus ya dok, pdhl sdh minum obat?? 2. Menurut dokter obat yang bisa mengatasi batuk flu anak usia 3 thn apa ya dok? terlebih biar malam bs istrht. Terima kasih dok

Terimakasih sudah bertanya seputar batuk pada anak dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Batuk merupakan fenomena yang normal karena batuk adalah salah satu mekanisme pertahanan pernapasan yang dapat mencegah aspirasi makanan padat, cair, dan berbagai benda asing lain (aspirasi = terhirup ke paru-paru). Batuk sendiri merupakan mekanisme untuk mengeluarkan lendir berlebih yang diproduksi oleh saluran pernapasan terutama apabila saluran pernapasan sedang meradang. Batuk juga merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga).

Batuk yang anak Anda alami dapat dikategorikan sebagai Batuk Kronik Berulang (BKB) karena sudah berlangsung lebih dari 14 hari. BKB dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah infeksi virus (bronkiolitis), TBC, alergi, atau asma. Masing masing penyebab memiliki karakteristik masing-masing.

Penyebab batuk kronis bermacam-macam, diantaranya adalah:

  • Alergi. dapat disertai keluhan bersin di pagi hari, gatal-gatal pada tubuh, sesak
  • Asma, penyakit gangguan saluran pernapasan yang ditandai oleh sesak napas disertai bunyi ngik-ngik (mengi) dan / atau batuk persisten yang disebabkan penyempitan otot saluran pernapasan akibat peradangan dan produksi lendir berlebihan. Asma merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan secara permanen, namun dapat di kontrol dengan tata laksana yang tepat. Beberapa zat atau bahan yang dapat mencetuskan timbulnya serangan asma adalah: Benda-benda dalam ruangan (tungau debu rumah dalam kasur, karpet, dan perabotan kotor dan bulu binatang), Benda-benda di luar ruangan (polusi, asap buangan pabrik), Asap rokok, Refluks gastroesofagus (sering muntah), Udara dingin, emosi yang berlebihan seperti marah atau ketakutan dan olahraga juga dapat mencetuskan serangan asma.I
  • nfeksi, seperti tuberkulosis (TBC) ataupun infeksi mikoplasma, infeksi sinus, dan sebagainya
  • Bronkitis, yaitu radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru

Mengingat pentingnya wawancara medis yang mendetil dan pemeriksaan fisis secara langsung untuk menentukan diagnosis, kami sangat menyarankan Anda membawa anak Anda berkonsultasi dengan dokter secara langsung guna menentukan penyebab dan penanganan yang sesuai bagi anak Anda.

Beberapa yang bisa dilakukan dirumah antara lain :

Pastikan anak beristirahat yang cukup, banyak minum air putih, makan makanan dengan nutrisi cukup dan mengandung vitamin seperti vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Bahan makanan seperti jahe, kencur dan omega 3 juga memiliki efek anti radang. Saat sedang sakit, batasi jenis makanan yang dapat merangsang batuk seperti es dan makanan goreng-goreng,mengurangi atau menghindari asap rokok.

Menghirup uap panas juga banyak membantu saat mengalami batuk dan pilek sehingga terasa lebih nyaman. Anda juga dapat mengoleskan minyak kayu putih atau minyak telon pada dada anak Anda sehingga anak terasa lebih nyaman dan hangat. Jagalah lingkungan agar tetap lembab dan jangan sering menggunakan ruangan berAC (kering).

Demikian yang bisa kami sampaikan

salam,

0 Komentar

Belum ada komentar