Sukses

Telat Haid

28 Mar 2021, 13:06 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok, mau nanya. Saya terlambat mens sudah 5 hari, sebelum2nya belum pernah terlambat mens. Pola makan saya tidak ada yang berubah, semuanya sama. Sebelumnya siklus mens saya memang tidak selalu sama berapa harinya, tapi perbedaannya hanya 1-2 hari bila dilihat dari tanggal bulan sebelumnya. Saya sebelumnya berhubungan beberapa kali namun tidak pernah keluar di dalam. Beberapa hari terakhir saya merasa perut saya sakit (seperti mau mens), selain itu tanda2 lainnya seperti saat mau mens juga ada, emosional, timbul jerawat, dan payudara terasa sakit. Kira2 kenapa ya dok?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Normalnya setiap wanita akan merasakan menstruasi setiap bulannya dengan siklus normal 21-35 hari selama 2 - 7 hari. Jika lebih dari itu berarti siklus haid Anda memanjang. Selain karena hamil, berikut adalah penyebab telat haid:

- Stress

- Obesitas

- Berat badan rendah

- PCOS ( sindrom ovarium polikistik)

- Penggunaan kontrasepsi

- Menopause

- Masalah tiroid

- Obat-obatan

- Penyakit kronis, seperti diabetes

Ada banyak faktor yang dapat menjadi penyebab telat haid. Telat haid biasa dianggap sebagai hal yang tidak menakutkan bagi wanita, namun jika dibiarkan dapat berakibat negatif pada kesuburan. Oleh sebab itu, diperlukan konsultasi langsung denga dokter spesialis untuk mengetahui penyebab telat haid Anda. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar