Sukses

Gatal di Kemaluan

28 Mar 2021, 11:55 WIB
Wanita, 39 tahun.

di area kemaluan ku gatel2 sama di area bokong pd lecet2...ak srg pake pantiliner...ak hrs pake obat ap ya Dok?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Bu, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Gatal pada kemaluan dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah iritasi atau alergi terhadap zat tertentu; infeksi bakteri, jamur, parasit. Bila ada seperti titik darah di celana dalam dan sangat gatal di kemaluan mungkin disebabkan oleh kutu pada rambut kemaluan. Kemungkinan lainnya adalah gatal akibat kemaluan yang lembab dan kebersihannya kurang terjaga.

Area bokong yang lecet bisa jadi akibat garukan terus-menerus karena rasa gatal. Oleh karena itu, jangan di garuk untuk menghindari timbulnya luka di sekitar kemaluan Anda. 

Berikut adalah beberapa tips dalam menjaga kebersihan organ intim Anda: Sering mengganti celana dalam apabila berkeringat atau lembab. Gunakan celana dalam bahan katun yang mudah menyerap keringat, serta hindari ukuran celana dalam yang terlalu ketat.

Kami sarankan Anda untuk berobat langsung ke dokter spesialis kulit dan kelamin agar dapat ditelusuri penyebabnya disertai dengan penanganan optimal. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar