Sukses

Benjolan Bernanah di Kaki

28 Mar 2021, 11:15 WIB
Pria, 20 tahun.

Halo dok, saya bbrpa waktu lalu di telapak kaki seperti tertancap sesuatu, lalu saya ambil trnyata sperti duri nmun sudah hancur, stelah itu saya biarkan karna saya pikir itu sudah hilang. namun, berjalannya waktu rasa sakit saat bagian yg tertancap duri menginjak lantai muncul. Dan lama-kelamaan seperti terbentuk benjolan yang didalamnya ada nanahnya kalau saya tidak salah. itu bagaimana ya dok supaya sembuh. saya pernah ambil kulit2 benjolan pakai gunting kuku memastikan apa masih ada yg tertancap namun hanya ada nanah sdikit. Stelah itu kempes, tapi berjalan waktu benjol lgi, mohon jawabannya dok. Terima Kasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdr, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Jika luka bernanah, berarti luka tersebut terinfeksi bakteri. Ini bisa terjadi jika luka tidak dirawat dengan baik, kurang kebersihan, sehingga luka terpapar dengan bakteri dan masuk ke dalam kulit. 

Sangat disarankan untuk mengonsumsi antibiotik untuk membunuh bakteri penyebab infeksi dan penanganan luka lebih lanjut, tentunya harus sesuai anjuran dokter. Selain itu konsumsilah makanan tinggi protein (putih telur, ikan, dll) dan vitamin C. Perawatan luka juga mempengaruhi proses penyembuhan, jika terdapat nanah/abses, sebaiknya dilakukan insisi di dokter untuk mengeluarkan nanah/abses tersebut untuk mempercepat penyembuhan.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar