Sukses

Gusi Bengkak Pasca Operkulektomi

23 Mar 2021, 13:51 WIB
Wanita, 23 tahun.

Selamat sore dok. Kemarin sore tanggal 17 Maret 2021 saya menjalani prosedur operkulektomi akibat gigi bungsu yang bermasalah. Pasca prosedur operkulektomi saya tidak merasakan sakit apa-apa sampai hari ini (24 Jam setelah dibedah), tapi mulai siang tadi 18 Maret 2021 gusi saya agak membengkak namun tidak parah hanya terasa mengganjal dimulut, tidak terasa sakit, juga tidak demam. Apakah hal ini termasuk wajar, dok? Selain itu saya juga diberikan obat minum berupa antibiotik, ibuprofen dan dexamethasone. Terimakasih banyak, dok.

Terimakasih telah bertanya tentang gusi bengkak pasca operkulektomi melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelum menjawab pertanyaan anda, kami akan menjelaskan sedikit tentang operkulektomi. Gigi bungsu atau gigi Molar tiga normalnya baru tumbuh sekitar usia 18 tahun keatas, karena gigi lain sudah tumbuh maka biasanya gigi molar tiga tidak kebagian tempat pada rahang sehingga tidak tumbuh pada posisi normal atau bahkan tidak tumbuh sama sekali. 

Pada gigi bungsu yang baru tumbuh biasanya terdapat gusi yang menutupi sebagian permukaan gigi bungsu yang disebut Operkulum. Sedangkan operkulektomi adalah tindakan pengambilan gusi ini supaya tidak tergigit oleh gigi atas dan supaya tidak menghalangi gigi bungsu yang mau keluar.

Selain itu sisa makanan mudah terjebak pada daerah tersebut sehingga sulit dibersihkan, dan sela-sela antara gusi dan gigi tersebut menjadi tempat untuk pertumbuhan bakteri  apalagi ditambah adanya sisa makanan. Kondisi ini bisa menyebabkan gusi meradang dan terinfeksi sehingga gusi membengkak, disebut Operkulitis. Keadaan ini dapat menimbulkan bau mulut, terasa sakit saat tergigit, bahkan pada kasus berat pembengkakan ini dapat menjalar hingga ke pipi dan leher, menyebabkan pembengkakan kelenjar limfe leher, dan kesulitan membuka mulut.

Dalam kasus anda, jika terjadi pembengkakan setelah tindakan operkulektomi, tidak sakit dan juga demam, maka merupakan respon tubuh yang wajar dan merupakan bentuk suatu proses penyembuhan. Lanjutkan pengobatan yang diberikan sesuai dosis. Diharapkan dalam waktu kurang lebih 1 minggu pembengkakan akan hilang.

Baca artikel berikut terkait pertanyaan anda :

Tips Pemulihan Setelah Operasi Gigi Bungsu

Inilah Tanda-Tanda Gigi Bungsu Perlu Dicabut

Solusi untuk Gigi Geraham Bungsu yang Sakit

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gusi bengkak pasca operkulektomi, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar