Sukses

BAK dan BAB Berdarah

23 Mar 2021, 11:02 WIB
Pria, 22 tahun.

Mengapa Air seni dan Feses berdarah?

Terima kasih telah bertanya seputar BAK dan BAB berdarah melalui Tanya Dokter.

Apakah Anda mengalami nyeri/sakit saat buang air kecil? Keluhan kencing bercampur darah, perlu dicurigai terkait dengan batu pada saluran kencing. Apakah Anda jarang minum? Apakah satu hari minum Anda mencapai 2 liter?

Kurangnya minum merupakan salah satu faktor yang dapat mempermudah timbulnya batu saluran kencing. Selain itu perlu juga diperiksa tekanan darah, karena ada penyakit pada ginjal yang dapat menyebabkan kencing berdarah disertai dengan tekanan darah tinggi.

Oleh karena itu, kami menyarankan Anda memeriksakan diri ke dokter umum atau dokter penyakit dalam, Anda perlu diperiksa kencing (urinalisis), diperiksa ultrasonografi (USG) saluran kencing. Bila perlu dokter juga akan menyarankan Anda untuk di rontgen untuk melihat posisi batu. Jangan lupa untuk banyak minum 2-3 L per hari.

Sedangkan untuk BAB yang berdarah, seringkali buang air besar (BAB) berdarah dihubungkan dengan kelainan wasir.

Padahal BAB berdarah dapat disebabkan oleh beberapa hal. BAB dengan darah berwarna kehitaman biasanya disebabkan karena adanya perlukaan/perdarahan di saluran cerna bagian atas (ulkus gaster/ perlukaan lambung).

Sedangkan jika darah berwarna merah segar pada feses kemungkinan kelainan terjadi di saluran cerna bagian bawah (kanker kolon, wasir). Bagaimana dengan warna darah pada BAB Anda?

Kami sarankan untuk Anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter atau dokter spesialis agar bisa dilakukan pemeriksaan penunjang seperti urinalisis dan pemeriksaan feses.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar