Sukses

Penyebab Sakit Kepala dan Rambut Rontok

22 Mar 2021, 20:23 WIB
Wanita, 17 tahun.

Pagi dok, beberapa bulan terakhir ini saya sering merasa kepala saya sakit terutama di kepala belakang tapi tiba tiba aja sakitnya, pernah hampir setiap hari dan keseringan malam saya merasakan nya. Saya juga menjadi pelupa, berpikir jadi lama, terus semenjak sakit kepala itu rambut saya rontok parah itu ada kaitannya gak ya? Napas Saya juga jadi pendek sering sesak. itu kenapa ya dok? Terimakasih

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Keluhan pertama Anda adalah sering merasakan nyeri kepala. Sakit kepala diklasifikasikan menjadi dua, yaitu sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder. Sakit kepala primer terjadi tanpa adanya penyakit yang mendasari, sedangkan sakit kepala sekunder merupakan gejala dari kondisi medis yang lebih serius. Yang termasuk dalam sakit kepala primer adalah sakit kepala tipe tensi (tension-type headache), migrain, dan cluster.

Adapun pencetus dari sakit kepala bervariasi, bisa karena kelelahan, stress, maupun karena makanan tertentu.

Gambaran klinis sakit kepala tipe tensi seringkali menyerupai migrain, namun sakit kepala tipe tensi tidak disertai aura, keluhan mual hingga muntah. Sedangkan sakit kepala tipe cluster umumnya terbatas pada sekitar mata, derajat berat hingga mata merah dan hidung seperti flu.

Sakit kepala dapat diatasi dengan obat-obatan seperti ibuprofen atau parasetamol, namun konsumsi obat penghilang rasa sakit terlalu sering justru dapat memicu timbulnya sakit kepala kronik.

Apabila keluhan nyeri kepala terus berlanjut dan mengganggu aktivitas sehari-hari, kami menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis saraf. Dokter akan melakukan wawancara dan pemeriksaan fisik lengkap serta pemeriksaan penunjang (seperti CT Scan) bila diperlukan.

Keluhan kedua Anda adalah rambut yang sering rontok. Kerontokan rambut banyak penyebabnya, seperti pengaruh genetik atau penyakit seperti infeksi jamur atau hipotiroid. Perlu diketahui bahwa pertumbuhan rambut normal berlangsung selama 2-6 tahun. Masing-masing rambut tumbuh sebanyak 1 cm/bulan dalam fase ini. Sekitar 90% dari rambut di kepala tumbuh setiap saat, 10% sisanya dalam fase istirahat. Setelah 2-3 bulan, rambut yang berada dalam fase istirahat rontok dan rambut baru mulai tumbuh pada tempat yang sama. Suatu hal yang normal apabila mendapatkan rambut yang rontok setiap hari, termasuk saat mencuci rambut. Rata-rata kulit kepala memiliki sekitar 100.000 helai rambut, dan secara kasar 50-100 helai rambut dapat rontok setiap hari.

Jika rambut sudah rontok sekitar lebih dari 100 helai rambut/hari, terdapat beberapa hal yang dapat menjadi faktor penyebab, yaitu faktor herediter (keturunan) dan faktor yang didapat (karena penyakit atau keadaan tertentu). Rambut rontok yang disebabkan oleh faktor herediter, tidak dapat disembuhkan, yang dapat dilakukan adalah mencegah agar kerontokan rambut  tidak terlalu cepat.  Sedangkan untuk faktor yang didapat, dapat disebabkan oleh karena penyakit tertentu seperti jamur pada kulit kepala, anemia, demam, sakit tipes ataupun akibat keadaan-keadaan tertentu seperti salah perawatan rambut. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan, untuk mencegah kerontokan rambut seperti:

  • Banyak makan makanan yang banyak mengandung protein dan zat besi
  • Hindari stres
  • Hindari obat-obatan yang mengganggu pertumbuhan rambut
  • Rajin olah raga untuk memperlancar peredaran darah
  • Cukup istirahat
  • Stop merokok (pada yang merokok)
  • Hindari pemakaian pengering rambut dan keramas dengan air panas
  • Hindari pemakaian bahan - bahan kimia di rambut

Segera konsultasikan diri Anda ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin bila kerontokan terus berlanjut 

Demikian yang bisa kami sampaikan, semoha bermanfaat

Salam, 

0 Komentar

Belum ada komentar