Sukses

Ingus Berdarah, Apa Yang Harus Dilakukan?

22 Mar 2021, 19:34 WIB
Pria, 40 tahun.

Assalamualaikum. Dok sy mengalami influenza beberapa hri ini tp sdh mendingan nmn ingus sy sdh 3 hr ini bercampur darah biasanya 1hari 1x yang kluar ingus berqarna merahini sy alami br saat ini dan sblmnya meski flu tdk pernah ingus berwarna merah. Apakah ingus tersebut bercampur darah dan apa yang hrus sya lakukan. Mohon saran dan terimakasih sebelumnya. Assalamualaikum wr wb

Terimakasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter

Adanya ingus bercampur darah bukanlah suatu keadaan yang normal. Hal ini dapat terjadi akibat adanya luka pada saat Anda mengeluarkan ingus dengan kencang dan berulang, biasanya darah yang keluar dalam jumlah sedikit dan tidak menetes sehingga berhenti dengan sendirinya. Atau juga dapat terjadi bersamaan dengan pecahnya pembuluh darah pada hidung, biasanya darah merah segar dan menetes, untuk memberhentikannya perlu dilakukan cuping hidung. Hindari mengeluarkan ingus secara paksa atau terlalu keras.

Jika darah bisa segera berhenti, maka Anda tidak perlu khawatir. Namun, jika darah terus menetes dan kejadian ini berulang, kami sarankan Anda melakukan pemeriksaan kepada dokter Spesialis THT agar mendapat penanganan segera. Luka yang ada di dalam lubang hidung perlu dicari tahu kondisi aslinya seperti apa dan penyebabnya. 

Untuk saat ini sebaiknya hindari mengeluarkan ingus secara keras dan hindari mengorek hidung.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar