Sukses

Batuk, pilek, suara serak

21 Mar 2021, 10:56 WIB
Wanita, 20 tahun.

Bagaimana cara mengobati batuk, pilek, suara serak ini sudah hamir 1 minggu dan sudah periksa ke dokter juga dan sudah dikasih obat bahkan obat hampir habis tapi tidak kunjung sembu, saya juga meminum jahe anget dan madu, air anget tapi tidak kunjung sembuh juga, bagaimana ya dok?

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Suara parau atau serak terjadi akibat iritasi atau cedera/trauma pada pita suara. Laring (yang disebut juga kotak suara), merupakan bagian dari saluran pernafasan yang mengandung kotak suara.

Penyebab suara parau/serak bermacam-macam. Yang paling umum adalah laringitis akut (peradangan pita suara) akibat infeksi saluran nafas atas (biasanya virus). Dapat juga terjadi akibat penggunaan suara kurang tepat (misuse), misalnya:

-Berbicara pada lingkungan yang bising

-Penggunaan berlebihan (misalnya pada penyanyi)

-Menggunakan telepon dengan cara telepon dijepit di antara pipi dan bahu

-Menggunakan nada yang kurang sesuai (terlalu tinggi/rendah) ketika bicara

-Berteriak

-Penyebab lain dari suara parau juga bisa diketahui dari karakteristik suara paraunya.

Kemungkinan lain penyebabnya adalah hipotiroidisme, laryngopharyngeal reflux (LPR), leukoplakia, suara parau akibat otot yang menegang, edema Reinke, pembengkakan pita suara dan kelumpuhan pita suara.

Karena keluhan Anda disertai dengan batuk dan pilek, kemungkinan Anda mengalami peradangan pada saluran pernafasan. Bila dengan mengonsumi obat dari dokter sebelumnya masih belum membaik, kami sarankan untuk melakukan konsultasi kembali untuk dinilai lebih lanjut apakah ada permasalahan lain.

Baca juga

4 Gejala Radang Tenggorokan yang Tak Boleh Anda Sepelekan 

Jenis Teh Terbaik untuk Atasi Radang Tenggorokan

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar