Sukses

Muncul Bintik Nanah di Kaki Tiap Habis Makan Ayam

17 Mar 2021, 19:11 WIB
Wanita, 17 tahun.

Hello Dok, saya mau bertanya, setiap kali makan ayam goreng, malam nya jari kaki saya keluar bintik nanah, Dan saat nanah nya keluar, jari kaki saya jadi luka, dan itu pedih banget dok, itu kenapa ya dok? Sudah dari satu tahun yang lalu, mamah saya ngga percaya kalo itu alergi...

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. 

Kaki yang gatal dan bernanah bisa didasari oleh berbagai sebab misalnya alergi, atau iritasi dan kemudian menjadi infeksi sehingga mengeluarkan nanah. Namun untuk memastikan hal tersebut, diperlukan pemeriksaan langsung. 

Kaki yang sering terpapar bahan kimia atau air dapat teriritasi pada beberapa orang dengan kulit yang lebih sensitif. Dalam dunia medis, dugaan mengarah kepada dermatitis kontak iritan. Jadi, selama masih terpapar dengan air dan deterjen (apapun jenisnya-karena kandungannya kurang lebih sama), maka keluhan dapat terus menerus hilang timbul. Dasar penyebab dari dermatitis kontak iritan adalah alergi sehingga penanganannya adalah dengan melakukan penghindaran. 

Bila terjadi infeksi (bengkak, bernanah) dapat diberikan salep antibiotik untuk mengatasi infeksi dan mencegah infeksi bakteri meluas. Namun hati- hati, jika salah dalam memilih antibiotik kuman penyebabnya bisa resisten (kebal terhadap obat- obatan) dan lebih sulit untuk diobati. Oleh karena itu sangat penting memeriksakan diri ke dokter dan hanya menggunakan antibiotik atas instruksi dan petunjuk dokter.

Jika kulit tampak teriritasi kemerahan dan meradang dapat menggunakan salep kortikosteroid terlebih dahulu. Selain itu juga perlu diberikan pelembab yang dapat dibeli di pasaran bebas. Selain itu, sebaiknya ayah Anda selalu melindungi kaki dari sumber-sumber iritasi yang menyebabkan kulit kaki gatal-gatal berair.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melalui PlayStore/ Android: https://www.klikdokter.com/download dan untuk App Store  https://app.adjust.com/n01yug7 kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar