Sukses

Sakit perut bawah

16 Mar 2021, 09:40 WIB
Pria, 17 tahun.

Siang Dok, Dok mau tanya jika ada rasa sakit/nyeri dibagian Perut bagian bawah kanan, kiri dan tengah serta sering di area dada, kepala dan tenggorokan itu karena apa ya dok? Dan kebetulan saya pernah sakit Hepatitis, apa itu karena liver saya bermasalah dok? Mohon penjelasannya dok

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdr

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Ada berbagai penyebab sakit perut, antara lain adalah:

Gangguan pada saluran pencernaan, seperti batu empedu, iritasi lambung, peradangan pancreas, sumbatan di usus, radang usus buntu, dan sebagainya.Keracunan makananGangguan di saluran kencing, seperti batu ginjal, infeksi ginjal, atau infeksi kandung kemihAlergi makananGangguan di organ kandungan, misalnya infeksi rahim, keguguran, kehamilan ektopik Dan sebagainya. 

Untuk menentukan diagnosis sakit perut, pada tahap awal, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh. Setelah itu, pemeriksaan tambahan dapat dilakukan sesuai dugaan penyebab sakit perutnya.

Pada sakit perut akibat gangguan pencernaan, pemeriksaan feses, USG, atau endoskopi dapat dilakukan. Bila diduga gangguan saluran kencing penyebabnya, pemeriksaan urin rutin di laboratorium, USG perut, atau foto rontgen di daerah perut juga perlu dilakukan. 

Kami sarankan Anda segera konsultasi lanjut ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan menyeluruh, sehingga penanganan lebih optimal. 

Baca juga

Perut Bagian Bawah Sering Sakit, Waspada 4 Penyakit Ini

Sering Sakit Perut? Jangan-jangan Anda Kena IBS! 

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdr dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar