Sukses

Belum haid-haid

16 Mar 2021, 09:40 WIB
Wanita, 26 tahun.

Sore dok. Setelah habis nifas (anak salay lahir tanggal 21 sep 2017) saya kb 1 bulan.memang dari awal menstruasi saya telat haid.tapi telat tanggal.setiap bulannya pasti haid.setelah saya kb pun telat tanggal haid. Di tahun 2019 (tepatnya saya lupa).saya sempat cek kandungan.dan di nyatakan positif oleh bidan.3 hari kemudian saya flek seperti hati ikan.dan saya langsung usg.ternyata sudah bersih.tidak ada tanda2 hamil atau tidak ada kantung nya.. Dr.spog nya ragu jika saya hamil dan sempat ragu ngomong keguguran.di minggi depannya saya kembali kb 1 bulan.karna merasa belum siap ngemong anak lagi.karna anak saya masi asi.(waktu kemaren itu kebobolan.makanya cek kandungan dan hasilnya positif). Di bulan selanjut nya saya masih kepikiran soal keguguran atau memang saya tidak hamil.terus pas konsul ma bidan mau suntik kembali.bidannya bilang bahwa saya itu kegugiran gak orang yg abis keguguran itu jangan dulu kb.nanti peranakan kering.karna takut saya stop kbnya.HB dengan cara alami (tembak luar).haid saya pun tidak apa2 sepwrti boasa juga.nah di bulan sept'20 (3-5sept) saya haid cuma 3 hari saja (udah bersih flek pun tak ada).di tanggal 27 oktober saya haid cuma 1 hari saja.itupin darah haidny tidak banyak.di bulan november saya tidak haid.dan di bulan des tanggal 13 saya haid cuma 1 lagi dan tidak banyak juga.minggu depannya daya coba tespeck hasilnya (-).di bulan januari '21 juga belum haid dan tespeck pun masih negatif juga.alhasil suami pun gak mau alami lagi.alais tembak dalam setiap HB. Di bulan febuari sampai maret'21 ( sekarang) pun saya belum haid2.dansepertinya tidak ada tanda2 hamil.hanya saja perut bagian bawah saya agak keras dan perut saya buncit seperti orang yg lagi hamil.semingg lalu saya coba tespack lagi tapi hasilna tetap negatif. Itu kenapa ya dok? Lalu tindakan apa yg harus saya lakukan? Terima kasih sebelumnya dok.

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Telat datang bulan memang salah satu tanda kehamilan, namun tidak pasti. Siklus haid memang dapat maju atau mundur, tidak selalu tepat waktu. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Penyebab tidak haid ada banyak sekali, belum tentu terjadi kehamilan.

Pertama izinkan kami menjelaskan tentang gangguan siklus haid. Adapun gangguan siklus menstruasi umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

  • Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
  • Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
  • Malnutrisi (kurang gizi)
  • Stres psikologis
  • Atlet
  • Kekurangan vitamin K
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Kelainan pembekuan darah
  • Gangguan hormon tiroid
  • Dan lain sebagainya

Selain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ kandungan.

Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan. Periksakan diri Anda secara langsung ke dokter spesialis kandungan agar diketahui penyebab keluhan Anda dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca juga

Penyebab Haid Tidak Teratur yang Perlu Diwaspadai

Siklus Haid Tidak Teratur, Perlukah Khawatir?

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar