Sukses

Maag Sering Kambuh

16 Mar 2021, 20:01 WIB
Wanita, 21 tahun.

dok. saya punya riwayat maag. sekitar 3 tahun lalu saya pernah sakit maag yang cukup parah selama berminggu-minggu. penyebabnya stres dan jarang makan teratur. setelah itu saya sembuh dan gapernah sakit lambung lagi dan pola makan saya sudah membaik. tapi beberapa hari ini saya mulai merasakan gejala-gejala 3 tahun lalu. padahal saya makan sudah 3 kali sehari dengan porsi cukup. belum lagi makanan-makanan sampingan lainnya. tapi kenapa saya kembali merasa mual seolah-olah saya telat makan dok? oh iya sejak bekerja ini saya sarapan hanya dengan roti. dan kadang perut saya tetap terasa perigh seperti org lapar. padahal malamnya saya makan kok. paginya saya sarapan kok. apa saya tidak bisa sarapan dengan roti saja dok? dan apa aktivitas pekerjaan juga mempengaruhi timbulnya stres? tapi saya sama sekali enjoy dengan pekerjaan saya dan tidak merasa ada tekanan. jadi gimana ya dok? apa yang sebenernya terjadi dan bagaimana solusinya

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Maag adalah penyakit yang umum di masyarakat. Biasanya timbul akibat pola makan yang tidak teratur. Tapi, bisa juga disebabkan karena infeksi bakteri, mengonsumsi makanan pemicu maag, obat-obatan, maupun stres.

Perlu diketahui, bahwa roti yang mengandung ragi dapat memicu maag. Penambahan ragi tersebut menyebabkan proses fermentasi sehingga membuat roti bersifat asam. Sehingga, jika dikonsumsi bisa meningkatkan asam lambung Anda. CObalah untuk mengganti roti yang biasa dikonsumsi dengan roti gandum. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar