Sukses

Keluar Darah Kental Saat Haid

16 Mar 2021, 19:49 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok saya mau tanya, saya kan biasanya kalo haid suka keluar darah yg kentel kaya daging gitu. Tapi sudah beberapa bulan terakhir , tidak keluar lagi dok. Itu kirakira sehat atau ga ya? Bermasalah ga dok? Tolong dibantu , terimakasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Darah haid yang bergumpal seringkali terjadi ketika darah haid yang keluar cukup banyak dan dalam jumlah besar. Secara otomatis, tubuh akan menghasilkan anti-pembekuan darah ketika Anda sedang mengalami menstruasi agar darah menstruasi tidak menggumpal. Namun, jika aliran darah cukup banyak maka anti-pembekuan darah dalam tubuh tidak sempat bekerja sehingga darah menstruasi akan keluar dalam bentuk gumpakan-gumpalan kecil dan sedang.

Selama lama haid dan jumlah perdarahan yang keluar normal, maka tidak masalah. Anda tidak perlu khawatir. Tapi jika haid memanjang, darah yang keluar lebih dari 20-60 ml/hari, disertai keluhan nyeri perut yang berat baru sebaiknya Anda memeriksakannya ke dokter kandungan untuk dilakukan pemeriksaan.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar